Pemkab Pacitan Permudah Izin Belajar Para Perawat

oleh -849 views
Bupati Pacitan saat menyerahkan bantuan bedah rumah. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan akan mempermudah izin belajar para perawat di Pacitan. Hal itu diungkapkan Bupati Pacitan Indartato saat apel dan bakti sosial pada rangkaian HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke-44 di lapangan Desa Sedayu, Arjosari, Sabtu (24/3/2018).

Menurut Indartato, perawat tidak hanya menjadi petugas medis kesehatan. Lebih dari itu, mereka memiliki peran lebih dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah akan mempermudah izin belajar para perawat.

“Perawat ikut berperan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, mempermudah masyarakat mendapatkan akses kesehatan, memperkecil kesenjangan pelayanan kesehatan, dan kesamaan pelayanan kesehatan yang berkualitas,” kata bupati.

Sementara, Ketua DPD PPNI Kabupaten Pacitan Rahmadi menyampaikan, kegiatan apel dan baksos itu merupakan rangkaian peringatan HUT PPNI yang jatuh pada tanggal 17 Maret.

Tapi karena bertepatan dengan perayaan Hari Raya Nyepi, maka peringatan baru dapat dilaksanakan sekarang. “Jumlah peserta sekitar 400an. Terdiri dari tenaga perawat dan mahasiswa keperawatan,” tuturnya.

Setelah memimpin upacara Indartato bersama Wakil Bupati Yudi Sumbogo kemudian meninjau pelaksanaan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis. Termasuk mendatangi rumah salah satu warga korban tanah longsor yang mendapat bantuan renovasi rumah dari PPNI senilai Rp 20 juta.

Pada kesempatan itu pula diserahkan bantuan uang tunai kepada 31 warga kurang mampu dengan nominal per orang Rp 1 juta. PPNI sendiri merupakan wadah profesi untuk para perawat di Indonesia. Sedangkan di Kabupaten Pacitan jumlah perawat mencapai lebih dari 500 orang. (humas Pemkab/RAPP002)