Banjir Bandang Kembali Terjang Desa Karangrejo, Putuskan Akses Dua Desa

oleh

Pacitanku.com, ARJOSARI – Bencana alam banjir bandang kembali menerjang wilayah Kecamatan Arjosari pada Rabu (7/3/2018). Banjir yang membawa material batu dari atas gunung Parangan terjadi di RT/RW 06/VI Dusun Wonosari, Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari pada Rabu siang sekitar pukul 14.40 WIB. Banjir ini adalah yang ketiga sejak akhir Februari 2018 lalu atau belum ada satu bulan. 

Berdasarkan informasi dari Paijo, salah satu warga di sekitar Desa Karangrejo yang diteruskan melalui Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Pacitan, akibat banjir batu tersebut, satu rumah warga  milik Mulyono, warga Dusun Krajan, Desa Karanggede, Arjosari tenggelam. Gambar yang diterima Pacitanku.com menunjukkan kondisi rumah yang tenggelam hampir keseluruhan, dan hanya menyisakan bagian atap saja.

Banjir yang terjadi di Karangrejo pada Rabu (7//2018). (Foto: Dok Kodim Pacitan)

Sementara, Danramil 0801/03 Arjosari, Kapten (Arh) Handy Kurniawan dalam keterangannya mengatakan bahwa banjir bandang tersebut terjadi akibat hujan yang cukup deras di wilayah tersebut.

Dia menuturkan bahwa material batu dari atas gunung Parangan sehingga mengakibatkan akses jalan penghubung antara Desa Karangrejo dan Desa Karanggede di Kecamatan Arjosari yang tertutup material longsor setebal dua meter dan panjang 35 meter.

“Hujan terjadi sejak rabu siang pukul 11.00 WIB, dan menyebabkan material lumpur dan batu turun membuat jalur terhambat dan akses jalan penghubung antara Desa Karangrejo dan Desa Karanggede,  material longsor yang lebih besar dari kejadian longsor hari Senin (5/3/2018) lalu,”jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan, akses jalan dan jembatan penghubung antara Desa Karangrejo dan Desa Karanggede Kecamatan Arjosari tertutup material longsor setebal dua meter dan panjang 35 meter. “Kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa lewat,”tandasnya.

Banjir yang terjadi di Karangrejo pada Rabu (7//2018). (Foto: Dok Kodim Pacitan)

Dia menuturkan bahwa  pihaknya melalui Babinsa bersama BPBP,Kades Karangrejo dan masyarakat menuju lokasi kejadian untuk pengecekan.

“Kami juga koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Pacitan dan PT Brantas Abipraya untuk mendatangkan alat berat ke lokasi kejadian untuk membersihkan materi longsor,”ujarnya lagi.

Selain di wilayah Karangrejo, banjir juga mulai terjadi di wilayah Desa Jatimalang, Kecamatan Arjosari. Pantauan pada Rabu sekitar pukul 15.30 WIB menunjukkan air mulai menggenangi jalan utama di kawasan tersebut. Sejumlah sawah milik warga juga tergenang air.

Pewarta: Wahyu S
Penyunting: Dwi Purnawan