Begini Penampakan Rumah Baru Warga Pacitan Terdampak Bencana

oleh -131.404 views
Ilustrasi perumahan di Pacitan. (Foto: Wahyu S/Pacitanku)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Kantor Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan permukiman dan Cipta Karya melakukan mengecekan sebanyak 440 rumah terdampak bencana alam di Pacitan pada Selasa (27/2/2018) lalu. Rumah baru warga yang sudah jadi dan digunakan warga tersebut mayoritas langsung dihuni oleh warga.

Baca juga: Jembatan “Baru” Pasca Banjir Pacitan yang Jadi Penyambung Asa Warga

Dalam pengecekan tersebut, Kepala Seksi Bidang Perumahan Pemprov Jatim Aru Siswandi mengatakan bahwa penemuan dari tim pengawas perumahan rakyat, kawasan permukiman dan cipta karya propvnsi untuk meja dapur ternyata belum ada. “Selain itu koreksi, untuk rumah Kopel tidak ada dinding sekat antar Rumah dengan dapur,”katanya.

Para pengawas melakukan pengecekan di sejumlah titik di Kecamatan Kebonagung dan Pacitan. Diantaranya adalah rumah Teguh diDusun Nglaos, rumah Suyatno dan Tukimin di Dusun Karang Sono, rumah Guffron Dusun Nglaos Banjarejo Keboonagung.

Baca juga: Hasil Rapat Tiga Pilar: 3875 Rumah Rusak Akibat Bencana Alam di Pacitan

Selain itu, para pengawas juga mengecek rumah Joko Dusun Jati, Desa Purwoasri Kebonagung, rumah Ponimin, Sajuri, Manu, Katwani dan Riyanto di Dusun Nitikan Desa Sukoharjo Pacitan, rumah rusak milik Rohmat Mahmudi Krajan, Kembang Pacitan dan rumah Trian Prabowo, Ruslan dan Ponirah Dusun Krajan, Kembang Pacitan.

Sebagaimana diketahui bersama, sebanyak 25 orang meninggal dunia, 3.875 unit rumah dan 126 unit sekolah rusak akibat bencana alam yang terjadi di Pacitan pada Selasa (28/11/2017) lalu.

Bencana tersebut juga merusak 19,5 Kilometer jalan di 78 ruas, 21 jembatan dan merusak 832 meter jaringan air bersih dengan total kerugian sebesar Rp 580,9 miliar.

Baca juga: Pembangunan 440 Rumah Terdampak Bencana di Pacitan Tuntas Januari 2018

Sementara untuk rehabilitasi rumah tahap pertama, tim tanggap darurat sendiri telah menyelesaikan pembangunan 440 unit rumah rusak.

Hadir dalam pengecekan renovasi rumah tersebut adalah Danramil 0802/01 Kebonagung Kapten Inf Agus S, Danramil 0801/01 Pacitan Kapten Inf Arief WJ, Kepala Desa setempat dan pengawas dari Dinas Perumahan Pemprov Jatim.

Pewarta: Wahyu S
Penyunting: Dwi Purnawan