Momen Hari Jadi ke-273, Bupati Harapkan Pacitan Terus Bangkit

oleh
Ratusan peserta saat menghadiri Upacara Hari Jadi Pacitan ke 273. (Foto Wahyu S/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Drs H Indartato MM mengharapkan seluruh elemen masyarakat Pacitan terus bangkit dan maju.

Hal tersebut disampaikan Indartato saat memberikan sambutan dalam upacara peringatan Hari Jadi ke-273 Kabupaten Pacitan dengan mengusung tema “Dengan Semangat Hari Jadi ke 273 Kabuapten Pacitan Kita Bergandeng Tangan  Untuk Bangkit Kembali Membangun Pacitan Bersama Rakyat,” di halaman Pendopo Pacitan pada Senin (19/2/2018).

Dia mengatakan bahwa dengan kejadian bencana alam yang lalu, masyarakat diajak intropeksi diri dan banyak berupaya untuk selalu banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Atas nama Pemda Pacitan kami mengucapkan selamat ulang tahun ke 273 Pacitan. Peringatan hari jadi Pacitan mengambil tema tersebut memiliki arti diharapkan kepada masyarakat Pacitan memiliki semangat untuk maju, semangat untuk bangkit  untuk membangun Pacitan kembali,”katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Indartato menceritakan sejarah adanya Pacitan yang dimulai sejak pemerintahan Tumenggung Notopuro. Menurutnya, dengan dibentuknya tumenggung Notopuro oleh Pakubuwono II, Pacitan pada saat itu Pacitan sah menjadi Pemerintahan.

“Perjalanan sejarah Kabupaten Pacitan juga tidak terlepas dari bangsa Indonesia, untuk itu kami mengajak kepada seluruh masyarakat Pacitan untuk selalu intropeksi diri dan mempunyai semangat dan bangkit untuk membangun Pacitan yang lebih maju,”jelasnya.

Pada puncak peringatan Hari Jadi Pacitan ke-273, nuansa peringatan sangat terlihat sederhana. Puncaknya pada Minggu sore hingga malam, digelar berbagai ritual upacara rucuh pace dan tirto wening yang juga digelar secara sederhana.

Pada Minggu malam, juga digelar Sholat Hajat dan Sujud syukur HUT Pacitan Ke-273. Tak hanya itu, di sejumlah kecamatan juga digelar wayang kulit semalam suntuk untuk menyemarakkan agenda tahunan tersebut.

Pewarta: Wahyu S
Penyunting: Dwi Purnawan