Hari Jadi ke-273, Ketua KPAI Berharap Pacitan Konsisten Cetak Bibit-bibit Unggul dan Pemimpin Nasional

oleh

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Dr Susanto MA berharap Pacitan terus konsisten mencetak bibit unggul dan pemimpin nasional di usia yang ke-273 tahun.
“Selamat Hari Jadi Pacitan ke-273, semoga Pacitan semakin maju, sejahtera dan konsisten menjadi daerah pencetak bibit unggul pemimpin nasional,”katanya dalam keterangnnya kepada Pacitanku.com pada Senin (19/2/2018).
Dia juga menyebut banyak tokoh nasional lahir dari Pacitan, seperti Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, tokoh Keluarga Berencana (KB) Prof Dr Haryono Suyono.
“Kemudian ada menteri Urusan Wanita era Orde Baru, Sulasikin Moerpratomo, dan bahkan Ketua Komnas HAM Tahun 2013, Siti Nurlaela, merupakan generasi dari darah Pacitan,”jelasnya.
Lebih lanjut, Susanto berpesan kepada seluruh generasi muda Pacitan untuk terus berkarya agar menjadi bibit unggul dan pemimpin nasional dari Pacitan.
“Berharap ke depan muncul bibit-bibit unggul yang lahir dari Pacitan, kuncinya sederhana, jadilah generasi yang fokus pada keunggulan, terus berkarya meski dalam keterbatasan dan adaptif dengan perubahan,”jelasnya.
Pria yang merupakan alumni Pondok Pesantren Al-Fattah, Kikil Arjosari ini kemudian menceritakan bahwa dirinya adalah anak desa yang lahir pada 5 Mei 1978. “Tetapi, sejak kecil tak ada kata malu, lemah apalagi rendah diri. Justru, saya bangga sebagai anak desa,”pungkasnya.
Dalam agenda Hari Jadi ke-273 tahun ini, Bupati Pacitan Indartato mengatakan bahwa bahwa hajatan kali ini memang masih diliputi suasana keprihatinan. Sebab, dipenghujung tahun lalu banjir bandang dan tanah longsor menyapu sebagian besar Pacitan.
“Kita sama-sama tahu. Bahwa kita baru saja mendapat ujian bencana. Yang sampai saat ini belum mampu kita pulihkan,” kata Bupati Pacitan Indartato.
Dia mengatakan bahwa makna ulang tahun hari jadi ada dua. Yakni bersyukur dan sarana evaluasi diri. Bersyukur atas apa yang telah dicapai serta evaluasi kekurangan-kekurangan maupun capaian, dengan tujuan untuk menyejahterakan masyarakat.
Berbagai agenda hari jadi ke-273 tahun ini pun digelar secara sederhana, dan lebih banyak digelar agenda bernafaskan religius.
Penyunting: Dwi Purnawan