Pemkab Diharapkan Bantu Fasilitasi Penelitian “Benda Purbakala Batu Reco”

oleh -131.445 views
Situs Desa Ngreco Kecamatan Tegalombo.

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Pemerintah Desa Ngreco bersama pihak Kecamatan Tegalombo berharap Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Pendidikan bisa memfasilitasi penelitian “Benda Purbakala Batu Reco” yang ditemukan di RT/RW 02/I Dusun Krajan Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo.

Baca juga: Situs Sejarah Ditemukan di Desa Ngreco Tegalombo

Camat Tegalombo Djoko Putro Utomo dalam surat nomor 060/089/408.69/2018 yang dilihat Pacitanku.com pada Minggu (18/2/2018) mengatakan bahwa keberadaan arca purbakala tersebut masih dalam kondisi baik dan untuh.

“Akan tetapi untuk tetap menjaga kelestariannya diperlukan perawatan dan perhatian dari pihak terkait yang berwenang,”kata Djoko.

Untuk itu, imbuhnya, sehubungan dengan hal tersebut mohon Bupati Pacitan Dinas Pendidikan Pacitan dapat memfasilitasi untuk penelitian lebih lanjut mengenai situs tersebut.

“Dengan harapan dapat mengetahui sejarah keberadaan situs tersebut dan untuk tetap dapat menjaga kelestarian warisan budaya serta guna pengembangan wisata budaya khususnya di Desa Ngreco Kecamatan Tegalombo,”jelasnya.

Baca juga: Situs Desa Ngreco “Surya Sengkala” Atau Ulah Dukun Iseng?

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, situs “Benda Purbakala Batu Reco”tersebut berupa relief arca purbakala batu reco dengan ukuran panjang 1,5 m dan tinggi 1,5 m yang diduga peninggalan sejarah zaman Kerajaan Majapahit.

“Berdasarkan laporan tersebut, tim dari Pemerintah Kecamatan Tegalombo da Pemdes Ngreco didampingi komunitas penggemar benda purbakala se-Madiun Raya telah menindak lanjuti dengan turun ke lokasi untuk melihat keberadaan dan melakukan pengamatan awal terhadap benda purbakala tersebut,”pungkas Djoko. (RAPP002)