Panen Raya di Punung Hasilkan 5,1 Ton Gabah Kering

oleh -131.266 views
Panen raya di Dusun Gunung Semut, Desa Kendal Punung pada Jumat (9/2/2018). (Foto: Wahyu S/Pacitanku)

Pacitanku.com, PUNUNG – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Pertanian menggelar panen raya padi lahan kering pada Jumat (9/2/2018) di Dusun Gunung Semut, Desa Kendal, Kecamatan Punung.

Kepala Dinas Pertanian Pamuji mengungkapkan bahwa perkiraan hasil panen raya di Pacitan adalah 5,1ton per hektar gabah kering.

“Pengambilan sempel tanah basah dan diketemukan hasil perkiraan 5,1 ton perhektar gabah kering dan 3,5 ton beras perhektar,”katanya.

Dalam panen raya yang diikuti sekitar 70 orang tersebut, secara simbolis Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang turut melakukan pemotongan padi secara simbolis.

Dandim didampingi Kepala Dinas Pertanian dan para penyuluh melakukan pemotongan padi dan dilanjurkan dengan panen raya.

Dengan dipanennya padi di lahan kering ini, Pemkab menyicil target penyaluran kebutuhan masyarakat Pacitan. Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pacitan menargetkan mampu menyalurkan kebutuhan pangan masyarakat Pacitan pada tahun 2018 sebesar 30 ton.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pacitan Bambang Supriyono saat menggelar Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan pada Rabu (7/2/2018) di Gedung Karya Dharma, Jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 8 Pacitan.

“Cadangan pangan Pemda Pacitan 2017 sudah tersalurkan, untuk mencukupi kebutuhan masyarakat sekitar 22,5 Ton, semoga di tahun 2018 ini bisa menyalurkan sebanyak 30 ton,”katanya.

Pewarta: Wahyu S
Penyunting: Dwi Purnawan