KH Asyhari Abta: NU Adalah Penjaga NKRI

oleh -1.826 views

Pacitanku.com, PUNUNG – Pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta KH Asyhari Abta menyebut bahwa organisasi kemasyarakatan (Ormas) Nahdlatul Ulama adalah benteng penjaga NKRI. Hal itu disampaikan KH Asyhari saat pengajian akbar PCNU Pacitan pada Sabtu (3/2/2018) di halaman Pendopo Kecamatan Punung. Pengajian akbar tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Lahir NU ke-95 dan Hari Jadi Pacitan ke-273.

“NU adalah penjaga syariah, NU tidak pernah mengkafirkan, menyudutkan, membid’ahkan apa yg dilakukan ummat dalam melaksanakan ibadah. NU adalah penjaga NKRI, dan mari tetap jaga Ukhuwah Islamiah demi kemaslahatan ummat,”katanya.

Dalam kesempatan tersebut, KH Asyhari meminta kepada seluruh ummat Islam dalam melakukan pembelajaran pengajian secara hati-hati dan tidak mempelajari agama hanya dari sisi kontekstual saja biar kita tidak salah dalam beribadah.

“Saat ini banyak aliran yg dengan mudah mengatakan ini bid’ah, itu haram, itu makruh yang katanya bersumber dari Al Qur’an namun tidak secara mendalam hanya sekilas dalam pengambilan ayat dari Al Qur’an,”ujarnya.

Dia juga berpesan kepada seluruh masyarakat tentang ciri pemerintahan yang baik. “Jika pemerintahan ingin tegak ada beberapa unsur yang harus diperhatikan, yaitu ilmunya para ulama, adilnya para Pemimpin dan dermawannya para pengusaha,”pungkasnya.

Hadir dalam pengajian akbar tersebut Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Ketua PCNU Pacitan Mahmud, Pujo Setyo Hadi, anggota DPRD Pacitan dari Partai Demokrat, Prabowo, anggota DPRD Pacitan dari Partai Golkar, Kapolsek Punung AKP Basuki Santoso, Camat Punung Erwin Andriatmoko dan Camat Donorojo Sumoro Hadi.

Hadir juga Danramil Punung Kapten Inf Dwi Sutranggono, Kepala KUA Punung Fikri, Rais Suryah PCNU Pacitan Abdullah Sajad dan Kepala Desa se-Kecamatan Punung. Sebagai pengisi tausiyah malam itu adalah Kyai Haji Asyhari Abta Pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. (RAPP002)