Longsor, Akses Jalur Tokawi Nawangan-Karangtengah Wonogiri Putus

oleh -102.508 views
Longsor di Nawangan. (Foto: Wahyu S Hart)

Pacitanku.com, NAWANGAN – Akses jalur yang menghubungkan Desa Tokawi Kecamatan Nawangan menuju Desa Purwokerto Kecamatan Karangtengah, Wonogiri putus akibat tanah longsor yang terjadi di Dusun Joso Kidul Desa Tokawi Kecamatan Nawangan pada Kamis (25/1/2018) pukul 05.00 WIB.

Danramil 0801/05 Nawangan Kapten Arm Subari dalam keterangannya menuturkan bahwa longsor tersebut terjadi akibat hujan dengan intensitas sedang mengguyur wilayah tersebut sejak Rabu (24/1/2018).

“Pada Kamis (25/1/2018) pukul 05.00 WIB, terjadi terjadi bencana alam tebing setinggi 20 meter dan lebar 15 meter longsor yang mengakibatkan jalan penghubung antara Desa Tokawi Kecamatan Nawangan Kabupaten dengan Desa Purwokerto Kecamatan Karangtengah Wonogiri tertutup material longsor tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat,”katanya.

Dia menuturkan bahwa Bahwa di sepanjang jalan tersebut merupakan tanah perbukitan dengan kontur tanah yang labil sehingga rawan longsor. Disisi lain, kawasan tersebut merupakan area minim sinyal yang mengakibatkan informasi kepada instansi terhambat sehingga menghambat penanganan.

“Kami, Babinsa bersama aparat setempat dan masyarakat menuju TKP, juga berkoordinasi dengan Dinas mendatangkan alat berat untuk membuka akses jalan, kami juga telah memasang rambu rambu bahwa jalan tidak bisa dilalui agar para pengguna jalan bisa putar balik sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan,”pungkasnya.

Pewarta: Wahyu S Hart
Penyunting: Dwi Purnawan