Pacitan Siapkan Atlet Pencak Silat Tingkat Provinsi dan Nasional

oleh -681 views
100 pendekar pencak silat dari berbagai perguruan pencak silat di Pacitan digembleng pelatihan atlet Pencak Silat yang digelar pada Jumat (29/12/2017) di Gedung Gasibu Swadaya Jalan Ahmad Yani Pacitan. (Foto: SRW/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 100 pendekar pencak silat dari berbagai perguruan pencak silat di Pacitan digembleng pelatihan atlet Pencak Silat yang digelar pada Jumat (29/12/2017) di Gedung Gasibu Swadaya Jalan Ahmad Yani Pacitan. Pelatihan ini dirangkaikan dengan refreshing wasit juri Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Pacitan.

Ketua IPSI Kabupaten Pacitan Syamsudin menyebut tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menyamakan persepsi serta refreshing wasit IPSI se Kabupaten Pacitan guna menunjang giat Porprov Jatim Tahun 2019.

“Pada tahun 2019 Pacitan akan mengikuti Porprov di Jatim, maka dari itu saya harapkan semua harus berlatih untuk menunjang kegiatan tersebut, harapan kami untuk Pacitan kedepan akan bisa menciptakan atlet bela diri yang diperhitungkan di tingkat provinsi dan nasional,”ujarnya.

Lebih lanjut, Syamsudin meminta kepada seluruh perguruan silat yang ada di. Pacitan agar bisa saling menghargai sesama perguruan. “Jangan ada gesekan yang akan membuat kita jadi pecah,”tegasnya.

Senada dengan Syamsudin, Kepala Bidang Olahraga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Wurianto menyambut baik digelarnya pelatihan atlet pencak silat tersebut.

“Diharapkan agar kita bisa menjaga soliditas persatuan antar sesama anggota IPSI jangan sampai ada gesekan sesama anggota IPSI di Pacitan,”tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Wurianto juga meyingggung kurangnya prestasi Pacitan dari cabang olahraga pencak silat. Sehingga dengan agenda pelatihan tersebut, diharapkan dapat memacu tumbuh kembangnya olahraga pencak silat.

“Untuk prestasi Pencak silat di Pacitan saat ini masih dinilai kurang, mari kita terus berlatih untuk meningkatkan jati diri kita dengan jalan meraih prestasi setinggi tingginya, untuk kedepan diharapkan prestasi menjadi paling penting dan tolak ukur keberhasilan bagi IPSI Pacitan,”jelasnya.

Agenda pelatihan atlet dan refreshing wasit juri tersebut dibuka secara langsung dengan pemukulan gong oleh Pasandi Kodim 0801 Pacitan Letda Inf. Irwan. Selain itu para peserta juga dihibur dengan peragaan seni pencak seni tunggal putra, ganda putri dan beregu. (SRW/RAPP002)