Pesan Dokter Boyke Saat Seminar HKN di Pacitan, Jadilah Suami Siaga Saat Istri Hamil

oleh -131.674 views
Dr Boyke Dian Nugraha saat menyampaikan materi kesehatan saat hamil pada Kamis (28/12/2017) di Pacitan. (Foto: SRW/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pakar kesehatan dan kehamilan dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS memiliki pesan khusus kepada para suami di Pacitan untuk menjadi suami siaga saat istri hamil.

Hal tersebut disampaikan Boyke saat menyampaikan materi dalam seminar Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, Kamis (28/12/2017) di Gedung Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan.

Menurut dr. Boyke, kehamilan merupakan masa yang paling indah. Dia mengatakan bahwa kehamilan merupakan proses alami yang tidak perlu ditakuti. Sehingga, dengan adanya perubahan fisik dan emosi, perlu nutrisi yang sehat, olah raga renang dan jalan santai.

“Nah, saat istri hamil, peran suami sangat penting perlu pengertian, perhatian dan kasih sayang, jangan berpaling untuk keluarga berharap cinta yang sejati, perlu diketahui, kehamilan bukan milik istri, akan tetapi juga milik suami untuk itu kehamilan seorang istri, suami harus setia  dan perperan sebagai pengantar saat persalinan,”jelasnya.

Dia mengungkapkan bahwa kehamilan, bagi perempuan memiliki manfaat untuk mengurangi risiko terhadap penyakit terutama kanker payudara dan jantung koroner.

“Selain itu saat menyusui, Ibu yang menyalurkan Air Susu Ibu (ASI) adalah memiliki manfaat menambah ketajaman penglihatan, membantu netralitas sistim pencernaan, Mendukung tumbuhnya jaringan syaraf, mencegah infeksi saluran pernafasan,”paparnya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan Luki Tribaskorowati Indartato menyebut bahwa kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak di wilayah Pacitan saat persalinan.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XV Kodim 0801 Pacitan Wenda Aristoteles Salaki Lawitang, Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Eko Budiono, OPD, PKK kecamatan dan desa dan UPT Puskesmas se-Pacitan. (Wahyu/RAPP002)