Bupati Ucapkan Terimakasih Atas Kerja Keras Relawan Dampingi Warga Pacitan Pasca Bencana

oleh -131.249 views
Relindo saat diterima Bupati Pacitan Indartato di Pendopo Pacitan. (Foto: Karto Rejo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi atas kerja keras para relawan bencana alam yang terus membantu penanganan bencana, baik saat bencana maupun pasca bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi pada Selasa (28/11/2017) lalu.

Hal tersebut disampaikan Indartato saat menerima Relawan Indonesia (Relindo) pada Selasa (26/12/2017) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

“Kami sampaikan penghargaan dan terima kasih tak terhingga kepada duta Relindo atas pengorbanan dan pengabdiannya kepada rakyat Pacitan yang masih butuh uluran tangan banyak pihak, kami juga meminta maaf jika selama di Pacitan kami kurang bisa menjamu tim Relindo dan tim-tim lain yang sangat banyak dari berbagai daerah,”katanya.

Sementara, Komandan Relindo Pusat Rohim menuturkan bahwa pihaknya telah menyampaikan laporan recovery tanggap bencana dan pasca bencana di Pacitan.

“Kami bersama mbak Martha Dewi Samodrawati  selaku triner Trauma Healing (TH) Relindo sangat terkesan dengan keramahan warga Pacitan dalam menyambut kehadiran relawan selama bertugas, memang ada kesedihan, tetapi , raut tawakkal kepada Allah SWT juga menyertai rasa duka itu,”kata Rohim.

Rohim menuturkan, bahwa dirinya juga sudah meminta izin kepada Bupati Pacitan memberikan edukasi berkelanjutan tentang kesiapsiagaan terhadap bencana.

Relindo Pusat buka perwakilan Relindo Pacitan. (Foto: Karto Rejo/Pacitanku.com)

“Kami membentuk perwakilan Relindo Kabupaten Pacitan, dimana sehari sebelumnya telah dilaksanakan training SEFT kepada 15 calon relawan baru yang berhasil direkrut selama kegiatan TH beberapa hari kemarin, alhamdulillah Bupati dengan suka hati menyetujui terbentuknya perwakilan Relindo Pacitan,”ungkapnya.

Usai dari Pendopo, Relindo pusat juga secara resmi membuka perwakilan Relindo Pacitan kepada salah satu peserta training yakni Putra Primanto di posko Relindo Pacitan, Jalan RO Iskandardinata nomor 13 Pacitan.

“Putro Primantono yang merupakan mahasiswa STKIP PGRI Pacitan ini, selanjutnya ditugasi menyusun kepengurusan lengkap utk dikukuhkan dalam waktu dekat oleh Relindo Pengprov Jatim,”pungkasnya.

Relindo sendiri telah beberapa pekan terus melakukan pendampingan terhadap warga terdampak bencana di Pacitan.

Setidaknya ada enam titik bencana di Pacitan yang dikunjungi Marta dan tim pendongeng nasional dari Relindo, diantaranya Desa Bolosingo, Kecamatan Pacitan, pengungsian di Desa Mangunharjo, Kecamatan Arjosari.

Kemudian di Dusun Banyuanget, Desa Kedungbendo Arjosari, Desa Punjung dan Desa Karangnongko Kecamatan Kebonagung serta satu lokasi bencana di Kecamatan Punung. 

Pewarta: Karto Rejo
Editor: Dwi Purnawan