Polisi Periksa Urine Belasan Sopir Bus di Terminal Pacitan

oleh -445 views
Polisi mengecek kelaikan kendaraan umum di terminal Pacitan. (Foto: Polres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Pacitan bersama Sat Reskoba dan Urdokkes menggelar tes urin dadakan di terminal Pacitan, Senin (25/12/207).

Kepala Kasat Lantas Polres Pacitan AKP  Hendrix Kusuma Wardhana mengungkapkan agenda ini bagian dari operasi lilin 2017 menyambut hari raya natal dan tahun baru.

Untuk itu, pihaknya bersama Dinas Perhubungan Pacitan melakukan pengecekan urine, pengecekan kendaraan dan pengecekan surat-surat kendaraan bus yang digunakan untuk mengangkut masyarakat umum yang akan menikmati liburan natal dan Tahun baru.

“Tes urine dengan sasaran para sopir awak angkutan tersebut dalam rangka memastikan tidak adanya para sopir bus yang terpengaruh narkoba, tes urine untuk awak bus di terminal Pacitan yang bertujuan untuk mengecek kesehatan dan kesiapan awak bus dalam mengemudikan kendaraannya.,”katanya, sebagaimana dilansir laman Polres Pacitan.

Dalam kesempatan tersebut, setidaknya sekitar 15 sopir bus yang berada di terminal Pacitan secara bergantian menjalanii tes urine yang telah disiapkan oleh Urdokkes Polres Pacitan.

Selain Tes urine, para awak sopir bus dan angkutan ini mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis seperti cek tensi yang disediakan petugas di lokasi.

Pada pemeriksaan kali ini, para petugas Polisi selain pemeriksaan urine dan kesehatan juga melakukan pemeriksaan kelayakan armada bus dan surat-surat kendaraan.

Kondisi ban, kestabilan muatan dan kelengkapan kendaraan juga di cek oleh jajaran Sat Lantas Polres Pacitan yang di dampingi oleh pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Pacitan.

“Tujuan kami ya untuk kebaikan dan keselamatan bersama baik awak sopir angkutan maupun masyarakat yang menggunakan kendaraan bus sebagai sarana alat transportasi yang sangat mudah di temui di Pacitan,”ujarnya lagi.

Dia mengatakan bahwa dengan kondisi awak bus yang sehat dan kendaraan yang memenuhi standar operasional kendaraan umum maka akan terwujud sebuah kondusitifas dalam menggunakan kendaraan umum sehingga terwujud keselamatan dan kelancaran berlalu lintas. “Itu adalah tujuan utama diadakan kegiatan ini,”pungkasnya. (RAPP002/Polres)