Menpora Kagumi Sejarah Kebesaran Pondok Tremas Pacitan

oleh -131.889 views
Menpora Imam Nahrawi saat ke Pacitan.

Pacitanku.com, ARJOSARI – Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengagumi kebesaran sejarah Pondok Tremas di Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Pacitan. Hal itu diungkapkan Imam Nahrawi saat menghadiri Musyawarah Besar dan Reuni Nasional III Ikatan Alumni Pondok Tremas (IAPT) Tahun 2017, Minggu (24/12/2017) di Ponpes Tremas, Arjosari, Pacitan.

“Kami ucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat sangat luar biasa ini dalam acara reuni Akbar Nasional III Ikatan Alumni Pondok Tremas (IAPT),”katanya, mengawali sambutannya.

Dia mengatakan bahwa Pondok Tremas merupakan pondok yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia karena para kiayinya banyak melahirkan kitab yang dijalankan acuan pondok pondok pesantren di Indonesia.

Imam menyebut Pondok Tremas sangat bersejarah karena ulama Indonesia dan para pendiri Nahdlatul Ulama berguru di pondok ini.

“Saat ini ponpes adalah satu-satunya perguruan dan lembaga pendidikan yang memberi akhlak yang baik dalam peran sosial yang dibutuhkan negeri ini, para santrinya juga bisa beradaptasi dengan dunia modern yang saat ini berkembang pesat,” katanya pada Munas dan Renas yang diikuti 5000 lebih peserta (tahun 60-an hingga tahun 2000-an) ini.

Disisi lain, Imam juga mengatakan bahwa Ponpes adalah pendidikan yang bisa menyesuaikan zaman, terutama di era globalisasi.

“Pondok pesantren merupakan pusat pendidikan yang tidak tergerus oleh era globalisasi, namun mereka bisa mencetak generasi yang tidak ketinggalan era globalisasi, etika akhlak saat ini menjadi pondasi bagi bangsa Indonesia saat pesantren lah yang masih menjaga kearifan lokal dan akhlak budi pekerti,”jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, hadir juga Bupati Pacitan Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Kapolres Pacitan AKBP Setyo Koes Heriyatno, Danrem 081/ Dsj yang mewakili mewakili Pangdam V/Brwb Kolonel Inf R Sidharta Wisnu Graha, Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Sigit Dwi Untoro.

Hadir juga Sekda Suko Wiyono, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten PacitanMoh Nurul Huda, Kepala Dinas Pendidikan Marwan, Kepala Disparora Endang Surjasri dan Camat Arjosari Munirul Ikhwan. (RAPP002)