Ribuan Siswa Ikuti UAS di Masjid, 69 Sekolah Terdampak Bencana Alam Pacitan

oleh
Ratusan siswa mengikuti ujian sekolah di salah satu masjid di Arjosari. (Foto: Polsek Arjosari)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 69 sekolah di Pacitan ikut terdampak bencana alam banjir dan tanah longsor pada Selasa (28/11/2017) hingga Rabu (29/11/2017) lalu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari data center Komando Distrik Militer 0801/Pacitan pada Rabu (6/12/2017), bencana tersebut telah merusak sedikitnya 69 sekolah dengan jumlah 18.122 murid.

“Itu baru data dari Kodim, rencana pada Rabu (malam ini) kita koordinasi dengan SKPD terkait akan konfirmasi data (kerusakan sekolah),”kata komandan tanggap darurat bencana Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, saat dihubungi Pacitanku.com pada Rabu.

Akibat sekolah rusak, bahkan, ribuan siswa diantara jumlah tersebut harus mengikuti ujian di luar sekolah, salah satunya adalah masjid.

Di SMPN 2 Pringkuku misalnya, ratusan murid di sekolah tersebut mengikuti ujian akhir semester hari kedua di rumah warga dan di masjid. Hal ini dilakukan karena sekolah mereka rusak parah diterjang banjir.

Pada Selasa (5/12/2017) kemarin, kondisi SMP Negeri 2 Pringkuku yang rusak parah setelah diterjang banjir dan longsor pada Selasa, 28 November lalu membuat ratusan murid mengikuti ujian akhir semester di salah satu rumah warga.

Sementara, di Arjosari, sebanyak 756 murid SMP Negeri 1 Arjosari menggelar ujian akhir semester hari kedua juga digelar di Masjid At Taqwa Dusun Bendo yang diikuti.

Pihak sekolah tetap mengupayakan kegiatan ujian berjalan sesuai kalender pendidikan. Ujian akhir sekolah di Masjid At Taqwa berlangsung sejak Senin 4 Desember hingga Sabtu 9 Desember mendatang.

Selesai mengikuti ujian, sejumlah murid SMP Negeri 1 Arjosari segera menuju sekolah mereka untuk membersihkan peralatan yang masih bisa diselamatkan.”Sekolah tidak bisa dipakai untuk UAS, dan dengan terpaksa menggunakan dua lokasi masjid untuk ujian sekolah,”kata Tjatur Hari Subagio, Kepala SMPN 1 Arjosari. (RAPP002)