PLN: Jaringan Listrik di Pacitan Sudah Normal

oleh
Para petugas PLN sedang memasang FCO Trafo Distribusi dilakukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (tanpa padam) 20 kV oleh Tim PDKB Sentuh Langsung yg didatangkan dari PLN Area Sidoarjo dengan Lokasi di Desa Karang Nongko, Kecamatan Kebonagung Pacitan, Rabu (6/12/2017).

Pacitanku.com, PACITAN – Jaringan listrik di wilayah Pacitan sebelumnya padam akibat kerusakan trafo setelah banjir dan tanah longsor melanda wilayah setempat, kini mulai normal.

Manager PT PLN Distribusi Jawa Timur Area Ponorogo Rayon Pacitan, Nono Koeshardiman, Rabu (6/12/2017) saat dihubungi Pacitanku.com via pesan singkat mengatakan semua jaringan sudah normal . “Sudah normal semua, kecuali lokasi yang tidak bisa diakses jalan masuknya,”katanya.

Data dari PLN Jatim menyebutkan bahwa 122 ribu dari 123 ribu pelanggan terdampak bencana di Pacitan kini menikmati aliran listrik kembali. Saat ini sekitar hampir 99 persen penyelesaian perbaikan penyulangan, dan masih sekitar 10 ribu pelanggan belum bisa menikmati aliran listrik.

Sebelumnya, sebanyak 464 trafo listrik dari 865 trafo distribusi di wilayah Pacitan rusak akibat banjir yang menerjang kawasan setempat, sehingga puluhan ribu rumah pelanggan mengalami pemadaman listrik.

Berdasarkan data yang dimiliki PLN, dari 10 jurusan tegangan menengah 20 KV, sebanyak delapan jurusan di antaranya padam, kemudian 454 trafo juga padam sehingga dari total 123 ribu pelanggan PLN di Pacitan terdapat 76 ribu pelanggan yang mengalami pemadaman.

Pemadaman sendiri terpaksa dilakukan PLN karena adanya beberapa tiang yang roboh dan patah, serta beberapa panel trafo turut terendam air.

Selain itu, banjir juga mengakibatkan 10 penyulang mengalami gangguan, di antaranya Penyulang Lorok dengan desa yang padam meliputi Desa Mentoro, Wonogondo, Ketepung, Punjung, Ketrowonojoyo, Jatigunung, Kalikuning, Kluwih, dan Ngile.

Selain itu, Penyulang Cokrokembang dengan desa yang padam meliputi Desa Wonokarto, Wonosidi, Wonodadi, Wonoasri, Pagerkidul, Pagerlor, Cokrokembang, Tanjungpuro, Tanjunglor, Hadiluwih, Hadiwarno, Pagerjo, Bogoharjo, Wonodadi Wetan.