PIA Partai Demokrat Beri Trauma Healing Anak-anak Korban Bencana Pacitan

oleh -131.800 views
PIA Demokrat saat memberikan terapi trauma healing. (Foto: Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Persaudaraan Isteri-isteri Anggota DPR RI (PIA) Fraksi Partai Demokrat memberikan bantuan bagi korban bencana alam di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, salah satunya dengan mendirikan dapur umum dan pemeriksaan kesehatan gratis.

“Kami ikut turut berduka atas meninggalnya korban bencana alam dan kesedihan warga akibat kerusakan yang disebabkan musibah di Pacitan ini,” kata anggota PIA Fraksi Partai Demokrat, Sari Hartanto dalam keterangan tertulisnya di Pacitan, Minggu (3/12/2017).

Sari mengatakan PIA FPD juga memberi layanan pemulihan trauma bagi anak-anak korban bencana, selain mendirikan dapur umum dan memberi layanan pemeriksaan gratis.

Dia mengatakan, PIA FPD akan selalu memperhatikan warga yang kesulitan, baik karena bencana maupun masalah-masalah sosial ekonomi sesuai dengan kapasitas dan kemampuan organisasi maupun anggotanya.

“Intinya kami akan membantu dan tidak akan berhenti menggalang kepedulian terhadap sesama,” ujarnya.

Sebelumnya, cuaca ekstrem akibat Siklon Tropis Cempaka menyebabkan sejumlah daerah termasuk Pacitan, Jawa Timur diterjang banjir, longsor dan puting beliung.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan bencana alam di Pacitan itu telah menyebabkan 20 orang meninggal dunia dan lima orang belum ditemukan.

“Dengan rincian, sudah ditemukan meninggal dunia 20 orang dan belum ditemukan lima orang,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (2/12).

Pemerintah Kabupaten Pacitan sebelumnya mengeluarkan Surat Keputusan Bupati Keadaan Darurat yang ditetapkan oleh Bupati Pacitan selama tujuh hari, yaitu sejak 28 November hingga 4 Desember 2017.

Namun karena mengingat jumlah korban terus bertambah, maka masa tanggap darurat diperpanjang hingga 11 Desember 2017. (RAPP002)