Jalur Pacitan Purwantoro Terputus, Desa Tokawi Nawangan Terisolir

oleh -6 Dilihat

Pacitanku.com, NAWANGAN – Akses di Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan dilaporkan terputus dan terisolasi setelah terjadi serangkaian bencana alam tanah longsor di kawasan tersebut sejak Selasa (28/11/2017) hingga Kamis (30/11/2017).

Informasi dari Sukisno, salah satu warga Desa Tokawi kepada Pacitanku.com di Nawangan, menuturkan bahwa ada puluhan rumah terkena dampak .

 

Material longsor di Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan.

“Ada satu rumah roboh, lainya tidak dapat di tempati karena tanah gerak radius 200 meter terdiri lima Kepala Keluarga dalam kondisi menganga dan masih terus bergerak dari atas badan jalan Kabupaten, lokasinya di RT/RW 1/III Dusun Banaran, Desa Tokawi, sementara  warga di Dusun Banaran terancam longsor, kondisi jalan yang terus bergerak nyaris longsor di tinggalkan warga yang bermukim di bawahnya,”katanya, Kamis (30/11/2017).

Warga yang mengungsi tersebut takut sewaktu-waktu terjadi longsor susulan yang menyebabkan robohnya rumah mereka.“Para pengungsi berada di rumah warga, mereka terdiri dari enam kepala keluarga yang rumahnya terancam longsor, dan lebih menpriharmtinkan korban mengungsi karena penukiman terancam longsor,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Sukisno mengatakan bahwa selain bencana tanah gerak, di lokasi tersebut juga ada jalan terputus sepanjang 8 meter akibat terbawa tanah longsor ke area persawahan.

Warga Desa Tokawi Kecamatan Nawangan yang mengungsi di rumah warga.

“Di RT/RW 1/IV, jalan terputus sepanjang 8 meter terbawa longsor ke area persawahan. Tidak ada rumah tertimpa tapi warga RT/RW 1/IV terisolasi tidak bisa keluar dengan kendaraan,”tandasnya.

Selain kondisi tersebut, satu sekolah, yakni SDN Tokawi IV juga terkena dampak parah akibat tanah longsor.

“Tebing di sekeliling bangunan sekolah longsor dan meng hancurkan satu lokasi, kondisi longsor jutaan kubik material tanah dari SDN Tokawi IV, merusak dua akses jalan dan area persawahan di RT/RW I/IV Dusun Banaran”ungkapnya.

Sementara, kata Sukisno, jalan dari Kampir ke arah sompok tidak bisa di lalui kendaraan roda empat dan roda dua.”Desa Tokawi lumpuh semua akses, baik transportasi, komunikasi, ekonomi dan penerangan,”pungkasnya.

Berdasarkan informasi, saat ini Desa Tokawi terisolir, lumpuh dari Dusun Banaran sampe Gemah Jelok. Untuk saat ini, jalur dari Jawa Tengah via Purwantoro, kendaraan roda 4 dan 2 bisa tembus sampai desa Jeruk Kecamatan Bandar.

Namun jika menuju ke Kecamatan Nawangan, khususnya sampai ke Desa Sempu, baru bisa dilalui. Dan ke Kecamatan Nawangan khususnya desa Sempu baru bisa di lalui roda dua. Sementara, untuk arah Arjosari sementara belum bisa di lalui baik roda dua maupun roda empat atau terisolasi. (RAPP002)

No More Posts Available.

No more pages to load.