BPBD Jatim Kirim Logistik dan Tim Bantu Tangani Bencana Pacitan

oleh -1.721 views
Para pengungsi yang berada di GOR Pacitan, Selasa malam.

Pacitanku.com, SURABAYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur mengirim logistik untuk warga korban bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Pacitan.

“Tim dari provinsi juga melakukan upaya penanganan serta mengirimkan peralatan untuk petugas di lokasi kejadian,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim Agus Legowo ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu.

Pengiriman peralatan dan logistik dipimpin langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Jatim Sudarmawan dengan mendapat bantuan dari BPBD Kabupaten/Kota terdekat.

Sejumlah bantuan yang dikirim antara lain selimut, pakaian, makanan siap saji, genset, alat komunikasi, peralatan dan perlengkapan keluarga, perahu karet, serta uang santunan.

Selain itu, bantuan alat juga datang dari Pemerintah Kabupaten seperti Nganjuk, Ngawi, Madiun, Magetan, Ponorogo dan Kota Madiun.

“Seluruh bantuan beserta tim BPBD Provinsi dan BPBD Kabupaten/Kota terdekat telah bergerak untuk penanganan Pacitan,” ucapnya.

Namun, kata dia, karena akses dari dan menuju Pacitan terputus sementara maka tim melakukan upaya terbaik dan berusaha ke lokasi, sekaligus membantu warga Ponorogo yang juga mengalami banjir untuk membantu evakuasi penduduk.

“Pengungsian disiapkan di Masjid Agung Ponorogo dengan jumlah pengungsi 22 kepala keluarga atau 80 jiwa. Bantuan personel dari ACT masing-masing 50 personel, empat perahu karet dan alat evakuasi,” katanya. (Ant/RAPP002)