HIPMI Pacitan-BPJS Ketenagakerjaan Sepakati Kerjasama Jaminan Sosial

oleh -131.432 views
BPJS-HIPMI sepakati kerjasama jaminan sosial. (Foto: Dok. BPJS)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Pacitan sepakati dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk perlindungan jaminan sosial pada anggotanya, Senin (20/11/2017) saat Pelantikan dan Rakercab HIPMI BPC Pacitan di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Ketua HIPMI BPC Pacitan, Anugerah Sarjana mengatakan, BPC BPC Pacitan sementara ini beranggotakan 75 pengusaha dan mewajibkan anggota HIPMI ikut BPJS Ketenagakerjaan.

“HIPMI juga wajib mendaftarkan para pekerjannya ke BPJS Ketenagakerjaan. Kenapa wajib, karena ini berdasarkan undang-undang,”katanya.

Senada dengan Anugerah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pacitan, Indra Gunawan mengatakan bahwa berdasarkan undang-undang semua pengusaha atau pemberi kerja wajib memberi perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan pada para pekerjanya.

“Perlindungan jaminan sosial ini hak pekerja. Bila pemberi kerja tidak mendaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan, jika pekerja sampai mengalami kecelakaan kerja dan kematian, pemberi kerja wajib menanggung yang nominalnya sesuai yang akan diberikan BPJS Ketenagakerjaan,”ungkapnya.

Akan tetapi, lanjut Indra, dirinya yakin semua pengusaha di Kabupaten Pacitan akan mematuhi program-program BPJS Ketenagakerjaan. “Kalau toh ada yang belum daftar, menurut Indra, ini karena belum mendapar sosialisasi,”pungkasnya.

Baca juga: Pariwisata Jadi Target HIPMI Pacitan Dongkrak Ekonomi Warga

Sementara, dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Suko Wiyono meminta HIPMI Pacitan membidik peluang untuk membuka lapangan usaha, salah satunya sektor pariwisata.”Bagaimana anda sekalian dapat merubah tantangan itu menjadi peluang usaha,” kata Suko.

Suko Wiyono mengungkapkan salah satu peluang usaha yang cukup terbuka lebar adalah bidang pariwisata.

Data Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga mencatat, sepanjang tahun 2016 jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pacitan mencapai 1,6 juta orang. Terlebih saat ini terjadi pergeseran pola hidup masyarakat. Dari konsumtif ke kreatif.“Wisatawan sebagian besar datang dari arah barat. Solo dan Yogyakarta,” ungkapnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Bupati Pacitan, Indartarto, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekda Suko Wiyono, dan Ketua DPRD Ronny Wahyono. Hadir juga pejabat Kodim 0801 Pacitan, Ketua Kadin Pacitan dan Kepala Unit BPJS Kesehatan Pacitan. (RAPP002)