Komunitas Intelijen Daerah Pacitan Soroti Dampak Pembangunan Waduk Tukul

oleh
Rapat Kominda di Kodim 0801/Pacitan. (Foto: Wahyu S)

Pacitanku.com, PACITAN – Pertemuan rutin Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Kabupaten Pacitan kembali digelar pada Selasa (14/11/2017) di ruang Data Kodim 0801/Pacitan.

Dalam rapat rutin kali ini, sejumlah isu terkini dibahas, utamanya terkait beberapa hal krusial yang dianggap berpengaruh terhadap gejolak di masyarakat Pacitan.

Sekretaris II Kominda Didik Alih Wibowo mengatakan salah satu isu yang terjadi adalah bencana banjir dampak dari pembangunan Waduk Tukul di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari.

Menurut Didik, kondisi Waduk Tukul saat ini sangat mengkhawatirkan, hal itu dikarenakan sedimentasi di aliran anak sungai grindulu sangat memprihatinkan, dan 7O persen material berasai dari limbah.

“Pembangunan WadukTukul, limbah tersebutjuga telah merusak Iahan pertanian warga sehingga tidak bisa diolah,”katanya.

Dia mengatakan bahwa untuk mengantisipasi dampak pembangunan Waduk Tukul telah dilakukan pertemuan dengan pihak terait. “Pada tanggal 9 Oktober 2017 telah diadakan Rakor antisipasi Dampak Pembangunan Waduk Tukul dalam menghadapi musim penghujan yang dihadiri instansi terkait,”jelasnya.

Sementara, Ketua Harian Kominda, IPTU Sumarjan menyebut beberapa isu krusial lain yang akan segera dihadapi adalah bidang politik yakni perhelatan Pemilihan Gubernur tahun 2018.

“Untuk TNI – Polisi tidak ada hak untuk pemilihan dalam Pilgub semuanya  netral, diharapkan juga mengawasi penyelenggaraan di Pemilu diharapkan netral agar tdak timbul permasalahan nantinya,”katanya.

Sementara, Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav  Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang menekankan pentingnya informasi terbaru seputar isu terkini Pacitan.

“Terkait dengan kepentingan wilayah, kita harapkan informasi itu penting dan selalu kita monitor agar seiap kejadian dimana saja bisa kita ketahui dan di laporkan, Kominda ini menurut kami intensitas pertemuannya harus di pertahankan secara formal  atau informal di karenakan pengolahan infomsi itu sangat penting,”ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav  Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, kemudian Sekretaris I Kominda Suharyanto, Ketua Harian Kominda, Iptu Sumarjan, Sekretaris II Kominda  Didik Alih Wibowo dan 25 anggota Kominda Pacitan. (Wahyu /RAPP002)