Bertemu Bupati, Perangkat Desa Pacitan Sampaikan Sejumlah Usulan

oleh
Pertemuan PPDI dengan Bupati pacitan. (Foto: Wahyu S)

Pacitanku.com, PACITAN – Sekitar 50 perangkat desa Pacitan yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Pacitan menyampaikan sejumlah usulan saat menggelar pertemuan dan audiensi dengan Bupati Pacitan Indartato pada Selasa (14/11/2017) di ruang rapat Pendopo Kabupaten, Jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 8 Pacitan.

Ketua 1 PPDI Kabupaten Pacitan Samsudin menyampaikan sejumlah usulan terkait perangkat desa. Dia menuturkan bahwa pertemuan dengan Bupati tersebut dalam rangka.menyatukan satu perspepsi PPDI Pacitan dan juga menyampaikan Rakorda PPDI tentang pejabat perangkat Desa.

“Kami juga menyampaikan usulan, diantaranya, masa jabatan perangkat desa habis sebelum umur 60 tahun atau melanjutkan sampai umur 60 tahun, dan yang berusia lebih 60 tahun tapi masa jabatan belum selesai apa masih melanjutkan masa dinasnya,”kata Samsudin.

Lebih lanjut, Samsudin juga berharap ada beberapa kebijakan kepada perangkat desa, diantaranya penghasilan tetap perangkat desa sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK). “Juga diharapkan ada pembahasan terkait tunjangan, baik kinerja THR, jabatan, pendidikan, dan tunjangan purna tugas, juga jaminan sosial,”ungkapnya lagi.

Menanggapi usulan tersebut, Bupati Pacitan Indartato menyampaikan sejumlah arahan untuk mengundang pejabat yang berkompeten dalam perumusan terkait PPDI, juga dengan komunikasi yang baik dalam rangka menciptakan Pacitan yang lebih baik.

“Kami juga berharap, agar setiap waktu PPDI bisa berkumpul untuk membahas permasalahan di desa, dan yang terpenting tetap semangat melayani masyarakat di pemerintahan Desa dengan adanya wadah PPDI,”jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Indartato juga mengatakan dalam kesimpulan pertemuan itu, bahwa perlu sidang pansus untuk bisa mewujudkan usulan dan dirumuskan. “Aturan sesuaikan Perda Kabupaten Pacitan, usulan bisa diajukan sidang DPRD jika rumusan disetujui dan perjuangkan di Pansus,”tukasnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Sekda Suko Wiyono, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Suhariyanto, Kepala Satpol PP Supriyanto MM, Kepala Bappemas Sanyoto, Kabag Pemerintahan Putatmo Iskandar, Camat se Pacitan dan serta pengurus PPDI tingkat Kecamatan dan Desa. (Wahyu S/RAPP002)