Satpol PP Bina 260 Linmas Desa di Pacitan

oleh -0 Dilihat
Pembinaan Linmas oleh Satpol PP Pacitan pada Selasa (7/11/2017). (Foto: SRW/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggelar pembinaan 260 Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa dan Kelurahan pada Selasa (7/11/2017) di Balai Kelurahan Pacitan.

“Kami selaku Pemeirntah Daerah berharap dengan agenda pembinaan ini bisa meningkatkan kemampuan masyarakat dalam cegah tangkal terhadap gangguan keamanan lingkungan dan diharapkan satuan linmas dapat menjadi pelopor dan penggerak pengamanan ditengah-tengah masyarakat,”kata Sekretaris Daerah Suko Wiyono saat memberikan sambutannya.

Lebih lanjut, Suko berharap akan terwujud kerjasama dan sinergi antara pemerintah daerah dan instansi terkait dalam hal ini TNI, Polri dan tokoh masyarakat untuk membentuk kelompok kelompok masyarakat guna menciptakan suasana tertib,aman dan damai.

Sementara, Kepala Satpol PP Supardiyanto menekankan bahwa fungsi anggota linmas sangat vital. Fungsi vital tersebut berkaitan dengan pengamanan di Desa dan Kelurahan.

“Termasuk secara legalitas sesuai seperti tertuang dalam peraturan Menteri Dalam Negeri tentang satuan penugasan perlindungan masyarakat dalam penanganan ketrentaman dan keamanan,”katanya.

Dalam agenda tersebut digelar berbagai materi, diantaranya penyelamatan dan Evakuasi serta Dapur Umum oleh Satpol PP Pacitan. Materi kemudian dilanjutkan dengan materi kesiapsiagaan dan kewaspadaan oleh BPBD Pacitan.

Para Linmas kemudian diberikan materi pertolongan pertama pada korban dan kebakaran oleh Pemadam Kebakaran (Damkar) Pacitan dan diakhiri materi pengamanan oleh Polres Pacitan.

Hadir dalam pembinaan tersebut Camat Arjosari Muniirul Ichwan, Camat Pacitan Amat Taufan, Camat Kebonagung Sugeng Widodo dan seluruh Kepala Desa dari tiga Kecamatan, yakni Pacitan, Arjosari dan Kebonagung. (SRW/RAPP002)