Pemkab Pacitan Pastikan Segera Tangani Penderita “Kaki Gajah” di Baleharjo

oleh -13963 views
Indartato saat menjenguk keluarga Paenah yang menderita penyakit lumpuh. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan memastikan akan segera melakukan penanganan terhadap anggota keluarga kurang mampu yang menderita filariasis (kaki gajah), kelumpuhan, dan kista di Kelurahan Baleharjo.

Sebagai informasi, tiga anggota keluarga Paenah di RT 02 RW 02 Lingkungan Kwarasan, Kelurahan Baleharjo Pacitan mengalami tiga penyakit tersebut.

Selain Paenah yang menderita lumpuh dan hanya terbaring di tempat tidur, dua anaknya, juga sakit. Kustini menderita kista yang menyebabkan perutnya membesar. Sedangkan Suwarni terjangkit penyakit kaki gajah. Sehingga secara fisik kakinya membesar melebihi manusia ukuran normal.

“Secara teknis administrasi masih dibicarakan. Dan untuk medisnya akan ditangani oleh dokter,” ujar Bupati Pacitan Indartato saat mengunjungi kediaman Paenah, Kamis (2/11/2017).

Selain memastikan secara langsung kondisi warganya, bupati bersama rombongan dari OPD terkait juga memberikan bantuan. Diantaranya beras dan beberapa keperluan hidup lainnya.

“Pemerintah daerah punya kewajiban. Sebagaimana dalam misinya pemerintah daerah itu sendiri. Yakni bagaimana masyarakat hidup sehat. Tarmasuk ketiga ibu ini,” tandasnya.

Selain mendatangi keluarga Paenah, bupati juga menyambangi rumah dan memberikan bantuan keluarga kurang mampu, Marto Juki di kelurahan yang sama. Marto Juki dan istrinya merupakan pasangan lansia dan kini menderita lumpuh. (Humas/RAPP002)