Kodim 0801/Pacitan Peringati HUT TNI ke-72 dengan Khidmat

oleh -0 Dilihat
Upacara peringatan HUT TNI di Pacitan. (Foto: Sarwono/Pacitanku.com)
Upacara peringatan HUT TNI di Pacitan. (Foto: Sarwono/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-72 dengan khidmat yang dilaksanakan di halaman Makodim 0801/Pacitan pada Kamis (5/10/2017).

Dalam sambutannya, Inspektur Upacara Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusalawitang yang membacakan amanat Panglima TNI mengatakan bahwa sudah seharusnya seluruh prajurit TNI mencintai TNI.

“Pada peringatan ke-72 hari TNI tahun 2017 kali ini dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif kemampuan para prajurit maupun Alutsista TNI, hal ini sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada Presiden selaku Panglima tertinggi dan seluruh rakyat Indonesia tentang kesiapan Alutsista TNI termasuk yang terbaru dan feforma prajurit TNI, sehingga Bangsa Indonesia dapat melihat kekuatan TNI secara langsung sebagai komponen utama pertahanan Negara,”jelas pria yang juga Komandan Kodim Pacitan ini.




Dia mengatakan bahwa penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan khususnya pada tahun anggaran 2017.

“Makna yang terkandung didalam tema tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama Rakyat inilah esensi ciri kesejatian yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak,”ujarnya.

Oleh karena itu, kata Dandim, dalam rangka meneguhkan hati dan menguatkan jiwa segenap prajurit TNI dia mengingatkan kembali untuk dipedomani meningkatkan keimanan kepada Tuhan yang maha esa dalam pelaksanaan tugas kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Tugas prajurit TNI sangat berkaitan langsung dengan tegak atau runtuhnya negara bersatu atas bercerainya Bangsa oleh karena itu tempatkan tugas diatas segala-galanya karena tugas adalah kehormatan harga diri dan kebanggaan, junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan Deni tegak kokohnya persatuan dan kesatuan Bangsa serta tetap tegaknya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman kepada Sapta Marga sumpah prajurit dan 8 wajib TNI, taat hukum dan hormati HAM,”ungkapnya lagi.

Dalam upacara yang diikuti 200 orang tersebut, hadir juga AKBP Suhandana Cakra Wijaya Kapolres Pacitan, Mayor Inf. Prio Handono Kaminvet Pacitan, Kapten Lek. Arfan Komadan Detaseman Metrologi Lanud Iswahyudi Pacitan, Lettu Cpm Nurkholik Dansub Denpom Pacitan, seluruh Pa staf dan Danramil jajaran Kodim 0801 Pacitan dan Persit Kartika candra kirana.

Kontributor: Sarwono
Editor: Dwi Purnawan