Semarak, Festival Ronthek Pacitan 2017 Dihadiri Pimpinan Daerah Tetangga

oleh -0 Dilihat
SERU. Penyelenggaraan Festival Rontek IX Pacitan 2016 berlangsung meriah. (Foto: Doc Info Pacitan)
SERU. Penyelenggaraan Festival Ronthek IX Pacitan 2016 berlangsung meriah. (Foto: Doc Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Festival Ronthek Pacitan tahun 2017 mulai digelar pada Senin (4/9/2017) malam. Berbeda dari sebelumnya, tahun ini festival juga menghadirkan para pimpinan daerah di kabpaten tetangga serta penggiat pariwisata di Jawa Timur.

Ketua Panitia Festival Ronthek Pacitan tahun 2017, Marwan menuturkan bahwa dengan hadirnya  para pimpinan daerah dari kabupaten tetangga bertujuan mengenalkan gelaran Festival Ronthek Pacitan, sekaligus menjajaki kemungkinan event ini mengikutsertakan partisipan dari luar daerah.




Dikatakan Marwan, Festival Ronthek Pacitan 2017 akan menjadi ajang promosi mengenalkan Pacitan. Tidak hanya itu, perpaduan rampak musik bambu dengan gamelan ini diharapkan dapat dikenal sebagai kesenian khas Pacitan.“Kita ingin seni Ronthek dan festival ini dikenal luas, tidak hanya lokal namun juga nasional,”katanya, dikutip dari laman Pemkab Pacitan.

Selain para Bupati dari daerah tetangga, Festival Ronthek Pacitan 2017 juga dihadiri para penggiat pariwisata di Jawa Timur.

Pada tahun ini jumlah peserta total mencapai 36 grup. Mereka berasal dari perwakilan 11 kecamatan dan 25 desa/kelurahan se-Kecamatan Pacitan. Untuk meraih predikat terbaik masing-masing peserta diberikan tiga kali kesempatan unjuk kebolehan sepanjang rute antara Jalan A Yani-Panglima Besar Jendral Sudirman.

Masing-masing di lokasi pemberangkatan, depan gedung PLUT, dan perempatan depan Pos Polisi Tanjungsari. Sesuai rencana festival akan berlangsung mulai tanggal 4-6 September.

Adapun, penilaian akan diambil kategori 5 penyaji terbaik non ranking, 3 penata musik terbaik non ranking, serta 1 pelestari budaya.