Pemkab Beri Beasiswa Senilai Rp 199 juta untuk 30 Mahasiswa Berprestasi

oleh
Indartato saat memberikan beasiswa kepada mahasiswa di Pacitan, kemarin. (Foto: HUmas Pacitan)
Indartato saat memberikan beasiswa kepada mahasiswa di Pacitan, kemarin. (Foto: HUmas Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 30 orang mahasiswa berprestasi asal Kabupaten Pacitan dari berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, menerima beasiswa dari pemkab. Penyerahannya sendiri dilakukan oleh Bupati Indartato, Sabtu (2/9/2017).

“Ini bukan bentuk kepedulian pemkab. Tapi paling tidak kita mampu ikut membantu meringankan biaya kuliah mahasiswa kurang mampu,” ucap bupati .

Indartato lantas menuturkan, awal gagasan bantuan itu sendiri bermula ketika ia berbincang-bincang dengan salah satu warga kurang mampu yang memiliki anak tengah menempuh kuliah sekitar tahun 2011. Dari situlah wacana bergulir. Tetapi baru dua tahun kemudian hal tersebut terwujud. “Tahun 2013 baru dapat dianggarkan,” tuturnya.





Karena itu bupati meminta para penerima bantuan untuk bertanggung jawab secara moral. Artinya, mereka harus terus berupaya untuk meningkatkan, atau minimal mempertahankan prestasi yang telah diraih.Kepala Dinas Pendidikan Marwan mengatakan, para penerima bantuan kini menuntut ilmu pada perguruan tinggi di sejumlah daerah. Baik di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat. Dari total 30 orang, 22 orang diantaranya menerima bantuan dengan nominal Rp 7 juta.

Para penerima berkuliah di Malang, Surabaya, Semarang, dan Bogor. Sisanya sebanyak delapan orang menerima Rp 6 juta.

“Bantuan ditransfer melalui rekening. Total bantuan sebanyak Rp 199 juta dari alokasi di APBD sebesar Rp 200 juta,” katanya. (Humaspacitan/RAPP002).