Ini Penyebab Kebakaran di Pabrik Plywood Donorojo

oleh -131.630 views
Petugas damkar berupaya memadamkan api. (Foto: Bekrik)
Petugas damkar berupaya memadamkan api. (Foto: Bekrik)

Pacitanku.com, DONOROJO – Pabrik pengolahan kayu lapis (plywood) untuk pembuatan triplek PT TOP yang berada di Dusun Bayem, Desa/Kecamatan Donorojo, Pacitan kembali mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (02/9/2017) siang.

Informasi dari Bekrik, di grup percakapan sosial masyarakat Pacitan menyebutkan bahwa kondisi pabrik dalam keadaan kosong karena tidak ada pekerja yang masuk.

Namun demikian, dua karyawan di pabrik tersebut rencananya menyalakan mesin untuk memulai produksi pada sabtu sore, hingga akhirnya terjadi peristiwa kebakaran.

Dua unit mobil pemadam kebakaran sudah didatangkan ke lokasi yang terletak di tepi jalan Pacitan-Surakarta tersebut.




Menurut keterangan Bambang Supriyanto, Pengendalian dan Operasi Damkar Satpol PP Pacitan kepada wartawan, dugaan sementara kebakaran terjadi akibat kebocoran pada salah satu mesin press yang ada di ruang produksi.

Saat terjadi kebakaran, percikan api dengan cepat merambat ke ruang tempat proses oven yang terdapat bahan-bahan yang mudah terbakar.

“Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakan amukan si jago merah. Namun sulitnya akses masuk dan sumber air membuat api belum sepenuhnya padam,”ujarnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, karena pada waktu kejadian kebakaran, para karyawan sedang istirahat. Namun kerugian akibat kebakaran ini mencapai puluhan milyar rupiah.

Kebakaran kali ini adalah kali kedua terjadi pabrik plywood tersebut. Sebelumnya pada Senin (13/2/2017) kejadian serupa juga menghanguskan kayu lapis dengan kerugian saat itu Rp 200 juta. (RAPP002)