Kekeringan Berbulan-Bulan, Warga Sambong Kesulitan Dapatkan Air Bersih

Pacitanku.com, PACITAN – Warga Desa Sambong, Kecamatan/Kabupaten Pacitan kesulitan mendapatkan air bersih. Untuk mendapatkan air bersih, warga di Dusun Nglaban dan Sengon di desa itu harus berjalan 2 kilometer menuju sungai terdekat.

Urusan mandi dan mencuci juga dilakukan di sungai tersebut. Maklum, bak yang biasa menjadi jujukan warga sudah tidak ada airnya lagi.

Kepala Dusun Nglaban, Desa Sambong, Pacitan, Sigid Harianto menuturkan, yang biasa menjadi andalan warga untuk mendapatkan air adalah sungai yang berjarak 2 kilometer dari permukiman warga atau di sebuah bak penampungan air tak jauh dari dusun itu.




Namun, sejak lima bulan terakhir, bak penampungan air tersebut semakin jarang berisi air. Di samping itu, tidak ada upaya pengiriman air ke tempat penampungan tersebut.”Warga juga tidak mungkin membuat sumur karena tidak ada pohon penahan air,” terangnya, dikutip JPNN, Rabu (30/8/2017).

Menurut Sigid, total warga yang terdampak mencapai 184 kepala keluarga (KK). Sebanyak 84 KK merupakan warga Dusun Nglaban. Sisanya, 100 KK, tercatat sebagai warga Dusun Sengon. Seluruh warga setempat memanfaatkan sungai dan bak penampungan air itu. (JPNN/RAPP002)

kekeringan KK Lima Bulan Sigid

Posting Terkait