Bupati: Kesadaran Berkurban Masyarakat Pacitan Bertambah

oleh -131.711 views
Indartato saat mengecek kambing di Pasar Pon Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Indartato saat mengecek kambing di Pasar Pon Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Drs H Indartato, MM mengatakan bahwa kesadaran berkurban masyarakat Pacitan bertambah. Hal tersebut disampaikan di sela-sela kunjungan pasar hewan Sabtu (26/8/2017) di Desa Semanten, Kecamatan Pacitan.

Menurut Bupati, dari pengamatan dan data di instansi bersangkutan jumlah hewan kurban di Kabupaten Pacitan masih mencukupi.

Terkait animo masyarakat, ia melihat hal tersebut sebagai bentuk tingginya gairah untuk berkurban dan berbagi dengan sesama. “Artinya apa, kesadaran untuk berkurban dan peduli pada sesama bertambah. Karena kemampuan ekonomi yang juga bertambah,”ujarnya.




Sementara, Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Dinas Pertanian drh. Kus Handoko menjelaskan, menghadapi datangnya Idul Adha pihaknya secara rutin melakukan pengecekan terhadap kesehatan ternak.

Menurut Kus, upaya itu sekaligus untuk mengeliminasi dan mencegah penyebaran penyakit anthrax yang sempat muncul beberapa waktu kemarin.

“Untuk lalu lintas hewan ternak antar propinsi sendiri kita ada pos pemeriksaan di Donorojo. Sedangkan untuk lokal, kita memberikan edukasi, seperti melalui pamflet kepada para peternak tentang penyakit hewan. Tapi sebenarnya mereka telah mampu mengenali ternaknya secara fisik jika terjangkit suatu penyakit. Sehingga tidak jadi dijual,”katanya lagi. (Humas Pemkab/RAPP002)