Dongkrak Pembangunan Pesisir, Pemkab Pacitan akan Benahi Jalur Sirip

oleh -131.280 views
Jalur Pansela yang dulunya adalah JLS. (Foto: Dok Pacitanku.com)
JLS Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan akan mengembangkan jalur sirip di kawasan pesisir sebagai upaya untuk mengembangkan pembangunan sektor pariwisata dan hasil produksi kelautan di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pacitan Budianto dalam keterangannya dikutip dari laman Pemkab Pacitan, Rabu (16/8/2017) mengatakan, selain untuk pariwisata, jalur sirip menuju pantai juga penting bagi akses ekonomi masyarakat. Pembenahan jalur jalur yang rusak mulai dikerjakan. Mulai dari akses menuju pantai Klayar, pantai Ngiroboyo, pantai Watukarung dan pantai Srau.

“ Salah satunya dengan menyediakan akses jalan yang representatif menuju pantai. Jalur jalur sirip inilah yang akan menjadi fokus pembenaha, selain memperbaiki yang rusak kita juga melakukan perawatan khususnya pada titik titik yang mengalami kerusakan parah,” katanya.




Menurutnya, pembenahan dilakukan bertahap serta dipilih titik terparah. Ini karena mempertimbangkan keterbatasan anggaran sehingga sekala prioritas harus menjadi pertimbangan.

“Kerusakan diatas 30 persen akan dilakukan perbaikan sedangkan di bawah 30 persen masih bisa dilakukan perawatan, kedepan tentu bukan hanya kwalitas jalan yang kita perhatikan namun juga kuantitasnya dan ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita,”ujarnya.

Diakui Budianto, kebanyakan jalur sirip masih sempit. Upaya pelebaran belum dapat dilaksanakan karena terbatasnya penganggaran.”Selain jalur yang sudah ada tidak menutup kemungkinan kedepan juga akan dibuka jalur baru untuk membuka akses ekonomi masyarakat,”pungkasnya. (RSP/PS/RAPP002)