Pemkab Gandeng UII Yogyakarta untuk Kembangkan Potensi Pacitan

oleh -131.076 views
Rektor UII dan Bupati Pacitan menandatangani dokumen kerja sama. (Foto: UII)
Rektor UII dan Bupati Pacitan menandatangani dokumen kerja sama. (Foto: UII)

Pacitanku.com, SLEMAN – Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Pacitan menjalin kerja sama. Tujuannya, lebih mendayagunakan potensi sumber daya daerah di Pacitan secara lebih optimal.

Kesepakatan kerjasama ditandai melalui penandatanganan naskah kerjasama oleh Rektor UII Nandang Sutrisno, SH., M.Hum., LLM., Ph.D. dan Bupati Pacitan Drs. H Indartato, MM., pada Kamis (3/8/2017) kemarin di Gedung Moh. Hatta UII, Jl. Kaliurang DI Yogyakarta.

Dalam penandatangan ini juga turut hadir para pemangku kebijakan di Pacitan, antara lain Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kabag Hukum, Kabag Pemerintahan dan Kerja Sama dan Kasubag Kerjasama.

Dalam sambutannya, Nandang berpendapat kerja sama akan sangat bermanfaat baik bagi UII maupun Pacitan.




Terlebih, UII memiliki catur dharma yang mencakup pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan dakwah Islamiyyah. Nandang menekankan, semua bidang catur dharma itu tentu saja dapat dikerjasamakan UII dan Kabupaten Pacitan.

Terlebih, lanjut Nandang, di UII sendiri terdapat catur dharma yang mencakup pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan dakwah Islamiyah. Ia melihat, semua bidang ini tentunya bisa dikerjasamakan atara UII dengan Kabupaten Pacitan.

Ia menambahkan, di bidang pendidikan UII siap bersinergi, terlebih dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Menurut Nandang, kerja sama ini turut menandakan pemerintah telah memberi kepercayaan kepada UII agar mengelola dana maksimal Rp 25 miliar.

“Termasuk dalam bidang dakwah Islamiyah karena UII memiliki Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI), yang keberadaannya bukan hanya untuk kepentingan internal, tetapi melayani masyarakat,” kata Nandang.

Sementara, Indartato yang berkunjung ke UII menekankan, kerjasama bertujuan meningkatkan potensi yang ada di Pacitan. Termasuk, peningkatan sumber daya melalui program pendidikan, dan meningkatkan perekonomian seperti meningkatkan potensi pariwisata.

“Berharap dengan adanya kerja sama dapat menjadikan Kabupaten Pacitan lebih maju dan lebih dikenal, dan UII ke depan bisa mengirimkan mahasiswanya untuk menjalani Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pacitan,” ujarnya.

Indartato menambahkan agar Program Sekolah Lurah yang ada di UII juga bisa diikuti oleh para lurah yang ada di Kabupaten Pacitan, agar nantinya para lurah memiliki bekal yang matang untuk meningkatkan desa yang di pimpinnya.

Menaggapi harapan Program KKN dari Pemerintah Kabupaten Pacitan, Kepala Pusat KKN UII, Dr. Drs. Unggul Priyadi, M.Si., menyambut baik permintaan tersebut. Ia mengatakan bahwa dengan adanya penandatanganan kesepakatan kerjasama tentunya akan memudahkan pengiriman mahasiswa KKN UII nantinya.