Kapolda Jatim Tinjau Kesiapan Polres Pacitan Hadapi Pilkades dan Pilgub

oleh -131.308 views
Kapolda Jatim disambut polisi cilik saat berkunjung ke Pacitan,Kamis (3/8/2017) kemarin. (Foto: IST)
Kapolda Jatim disambut polisi cilik saat berkunjung ke Pacitan,Kamis (3/8/2017) kemarin. (Foto: IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin meninjau kesiapan Kepolisan Resor Pacitan menghadapi Pemilihan Kepala Desa serentak di 18 desa di Pacitan dan persiapan pengamanan Pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2018 mendatang, Kamis (3/8/2017) di Mapolres Pacitan.

“Saya ingin memastikan kesiapan sumber daya kepolisian disetiap kabupaten,kota guna menghadapi proses pesta demokrasi pemilihan gubernur tahun depan. Saya juga memberikan pengarahan kepada seluruh anggota, dan jajaran kepolisian resor Pacitan, mengenai pengamanan Pilkada serta gangguan Kantibmas,” katanya.

Dia berharap seluruh jajaran polisi di Polres Pacitan bisa mengamankan agenda pesta demokrasi tersebut agar tidak ada kerusuhan dan bisa berjalan aman.




“Dalam waktu dekat ini di Pacitan juga akan melaksanakan Pilkades jadi harus berjalan aman dan mengantisipasi kerusuhan jelang Pilkades, dengan lancarnya pengamanan Pilkades akan berdampak terhadap koordinasi dengan KPU dan Bawaslu pada Pilgub 2018 nanti,” tegasnya.

“Antisipasi dan ikut menjaga keamanan dan kenyamanan menjelang Pilkades serentak di Pacitan 29 Agustus mendatang. Jalin kerjasama yang baik dengan Forpimda Kabupaten Pacitan dan Stakeholder terkait,”imbuh Machfud.

Menanggapi permintaan Kapolda, Kapolres Ajun Komisaris Besar Polisi Suhandana Cakrawijaya mengaku siap menagamankan pesta demokrasi di Pacitan, termasuk Pilkades dan Pilgub tahun depan.

“Dalam waktu dekat ini Pacitan akan dilaksanakan Plkades di 18 desa, personil pengamanannya akan diterjunkan sebnayak 624 personil dan disebar di 18 Desa, agar aman dan mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sebagai informasi, 18 desa yang akan menggelar Pilkades pada 28 Agustus 2017 adalah desa Sukoharjo dan desa Arjowinangun di kecamatan Pacitan, kemudian desa Bomo, desa Mendolo Lor, desa Kebonsari dan desa Piton di kecamatan Punung. Selanjutnya desa Dadapan, desa Poko, desa Pelem dan desa Tamanasri di kecamatan Pringkuku.

Kemudian desa Sendang dan desa Donorojo di kecamatan Donorojo. Desa Tumpuk kecamatan Bandar, desa Tegalombo kecamatan Tegalombo, desa Nogosari dan desa Hadiwarno di kecamatan Ngadirojo. Selain itu juga desa Gasang kecamatan Tulakan dan desa Kedungbendo kecamatan Arjosari. (RAPP002)