Wabup Pacitan: Masyarakat Kita Ajak Proses Reformasi Koperasi

oleh -13894 views
Foto Ilustrasi: PNS di Pacitan saat upacara, beberapa bulan yang lalu. (Foto: Humas Pacitan)
PNS Pacitan saat upacara hari koperasi, Senin kemarin. (Foto: Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Selain sebagai amanat Undang-undang Dasar 1945, koperasi juga menjadi sarana dan cara menuju pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo pada upacara peringatan Hari Koperasi ke-70, Hari Keluarga Nasional ke-24, dan Hari Krida Pertanian ke-45. “Tentunya menuju kokohnya NKRI,” katanya, Senin (17/7/2017).

Saat ini, Yudi menilai telah banyak koperasi yang maju dan memberi manfaat untuk anggota dan masyarakat. Namun masih banyak pula koperasi yang terpuruk akibat masalah internal maupun lainnya.




Karena itu pemerintah berupaya melangsungkan reformasi dalam tiga tahap. Yakni, pendataan, reorientasi, serta pengembangan. “Masyarakat kita ajak ikut serta dalam proses reformasi itu,” ucap Wabup.

Sementara, dalam sambutannya pada Hari Keluarga Nasional yang juga dibacakan Wakil Bupati, Yudi Sumbogo menyebut bahwa pencanangan Kampung KB di Dusun Glonggong Desa Belah Kecamatan Donorojo, sebagai salah satu bentuk inovasi. “Dalam upaya merealisasikan program kependudukan KB dan pembangunan keluarga,” terangnya.

Peringatan Harganas tahun 2017 ini, selain sebagai simbol penghargaan bagi seluruh keluarga yang telah berpartisipasi aktif dalam program kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga, juga sebagai bentuk apresiasi bagi para pengelola maupun mitra kerja program dimanapun berada.

Sedangkan terkait Hari Krida Pertanian, pemerintah telah melakukan berbagai upaya menjamin ketersediaan sumber pangan.

Seperti melaksanakan program nasional peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai dengan meningkatkan fasilitas usaha tani, utamanya alat mesin pertanian dan pengelolaan sumber-sumber air untuk irigasi. (arif/tarmuji/pranoto/humaspacitan)