Polres-Dishub Cek Kelaikan Bus AKAP di Terminal Pacitan

oleh -101.440 views
Kasatlantas AKP Hendrik mengecek kelaikan bus di Terminal. (Foto: Polres Pacitan)
Kasatlantas AKP Hendrik mengecek kelaikan bus di Terminal. (Foto: Polres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Tim dari Kepolisian Resor Pacitan dan Dinas Perhubungan Pacitan mengecek kelaikan sejumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang menjadi angkutan Lebaran 2017 di Terminal Pacitan, Kamis (22/6/2017).

Kasatlantas Polres Pacitan, AKP Hendrik Kusuma Wardana mengatakan pengecekan kelaikan bus yang akan digunakan mengangkut pemudik ini untuk memastikan keselamatan penumpang. Selain itu, kegiatan ini juga menekan angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik Lebaran 2017.

“Kegiatan ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kami mengecek kondisi mesin, ban, rem, lampu, hingga surat-surat bus tersebut,” kata dia dikutip dari laman Polres Pacitan, Jumat (23/6/2017).




Diharapkan dengan adanya pengecekan tersebut bisa menekan dan mencegah terjadinya lakalantas pada saat arus mudik Lebaran. Selain itu, pemudik juga merasa nyaman dan tenang saat mudik ke kampung halaman.

Dalam melaksanakan Operasi Ramadniya yang digelar selama 16 hari yaitu tanggal 19 Juni sampai 4 Juli 2017, Polres Pacitan mendirikan empat pos pengamanan (pospam) dan dua pos pelayanan masyarakat. Yaitu pos pelayanan di Alun-alun Pacitan, pos pelayanan Punung, Pos Pam Terminal, Pos Pam Teleng Ria, Goa Gong, serta Pos Pam Kalak.

Kabagops Polres Pacitan, Kompol Zainal, mengatakan pos pengamanan dan pelayanan ini didirikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu di dalam pos juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pelayanan seperti tempat istirahat, tenaga medis, servis, dan pos ini bisa digunakan sebagai rest area bagi pemudik.“Personel dalam operasi ini sudah mulai memantau kondisi arus lalu lintas, arus mudik, serta kegiatan masyarakat menjelang Lebaran,”tutupnya.