Disperindag Pacitan Temukan Makanan Kadaluwarsa Jelang Lebaran

oleh -101.232 views
Bupati Pacita sidak di Pasar Minulyo Pacitan. (Foto;: Pekathik Kadipaten)
Bupati Pacita sidak di Pasar Minulyo Pacitan, beberapa waktu lalu. (Foto;: Pekathik Kadipaten)
Bupati Pacita sidak di Pasar Minulyo Pacitan. (Foto;: Pekathik Kadipaten)
Bupati Pacita sidak di Pasar Minulyo Pacitan, beberapa waktu lalu. (Foto;: Pekathik Kadipaten)

Pacitanku.com, PACITAN – Petugas gabungan dari Dinas Perdagangan Kabupaten Pacitan, Satpol PP dan Polres Pacitan terus kian gencar menggelar sidak makanan di berbagai swalayan. Hasilnya, banyak jajanan khas Lebaran yang sudah kedaluwarsa. Kondisi itu, tenunya sangat membahayakan para konsumen. Sebab, jajanan kadaluarsa itu bisa membuat warga yang mengkonsumsinya terserang penyakit. 

“Hari ini kami mengamankan jajan khas Lebaran seperti jenang, dodol dan madumongso yang sudah kadaluarsa namun masih tetap di jual di swalayan,” kata Kabid Perlindungan Konsumen Disperindag Pemkab Pacitan, Subekti, Kamis (22/6/2017) kepada wartawan.




Dia mengaku, selain jenang, dodol dan madumongso juga menyita yang lain. Seperti roti, sarden dan makanan kaleng lainnya. Jumlahnya mencapai 94 jenis makanan yang disita petugas.

Sementara, Kanit Reskrim Polres Pacitan, IPDA Muh Prasetyo, menjelaskan, sidak kali ini untuk meningkatkan rasa aman terhadap masyarakat. “Jelang lebaran biasanya ada yang memanfaatkan dengan memasukkan makanan kadaluwarsa. Ini kami antisipasi di Pacitan,” sambungnya.

Dia mengaku, barang yang ditarik dalam sidak kali ini langsung dibawa ke Polres Pacitan. Makanan tersebut akan dilakukan penelitian lebih lanjut. Pihaknya juga akan memberikan teguran kepada pemilik usaha agar segera menarik seluruh makanan yang kadaluarsa.