Harkitnas, Pemerintah Akui Masih Ada Kesenjangan Pembangunan

oleh -101.522 views
Peringatan Harkitnas di Pacitan.
Peringatan Harkitnas di Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah mengakui bahwa kesenjangan pembangunan masih menjadi kendala dalam pemerataan pembangunan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Bupati Pacitan Indartato saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika dalam upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 109 pada Senin (22/5/2017) di halaman Pendopo Kabupaten Pacitan.

“Pada awal tahun 2017 angkanya mambaik dibanding tahun sebelumnya koefisien Nisbah Gini atau Gini Ratio yang merupakan ukuran kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk masih sekitar 40 %, untuk itu bapak Presiden meminta kepada penyelenggara negara untuk bekerja keras menurunkan indek kesenjangan tersebut melalui langkah yang multidimensi,”katanya.

Lebih lanjut, Indartato mengungkapkan bahwa masalah kesenjangan bukan masalah bangsa Indonesia, melainkan negara maju masih berkutat pada masalah kesenjangan.

“Beberapa negara bahkan mencatat kesenjangan ada yang lebih tinggi dibanding Indonesia namun bagi kita mewujutkan pemerataan yang berkeadilan sosial adalah juga menjadi penghirmatan terhadap cita – cita peletak dasar bangunan kebangsaan yang menginginkan tidak ada jurang yang membatasi penyebaran kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,”jelasnya.




Menurutnya, dengan momentum kebangkitan nasioanal, hanya akan berarti apabila tidak ada satu anak bangsa yang tercecer dalam gerbong kebangkitan tersebut. “Pemerintah berupaya miningkatkan kesejahteraan dengan membangun listrik di 2500 Desa yang belum mendapat aliran listrik, pembangunan jalan trans Papua yang dicoba langsung olah Presiden Joko Widodo dari 4.300 KM  yang ditargetkan sudah dibuka 3.800 km,”pungkasnya.

Dalam kesempatan upacara tersebut, bertindak sebagai Pemimpin Upacara adalah Kapten Infanteri Agus Setyawan dan Komandan Upacara Kapten Infanteri Dadut S dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0801 Pacitan.

Adapun dalam upacara Harkitnas yang diikuti 200 peserta tersebut, terdiri dari dari skesatuan TNI Kodim Pacitan, jajaran Polres Pacitan, jajaran Satpol PP, Korpri, organisasi pemuda, pelajar dan Pramuka.

Turut hadir dalam kesempatan itu Bupati Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekda Suko Wiyono, Ketua DPRD Ronny Wahyono, Kalandri Dwiyanto, Kepala Kemenag Nurul Huda, pimpinan TNI-POLRI serta tokokh agama dan tokoh masyarakat di Pacitan.

Kontributor: Sarwono
Editor: Dwi Purnawan