Bupati Pacitan Resmikan Kampung KB Tingkat Kabupaten

oleh -101.439 views
Bupati Pacitan saat mencanangkan Kampung KB tingkat Kabupaten di Pringkuku.
Bupati Pacitan saat mencanangkan Kampung KB tingkat Kabupaten di Pringkuku.

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Bupati Pacitan Drs H Indartato MM resmi membuka kampung Keluarga Berencana (KB) tingkat Kabupaten pada Senin (22/5/2017) di Dusun Gesingan, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. Pencanangan Kampung KB dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Bupati.

Dalam sambutannya, Bupati Indartato berharap dengan adanya kampung KB tingkat Kabupaten tersebut, kesejahteraan masyarakat Pacitan lebih meningkat. “Mohon dukunganya untuk pencanangan program KB karena dalam program Kampung KB ini termasuk sukses karena kerjasama kita semua, dengan KB hidup bisa lebih sejahtera,”katanya.

Sementara, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur Kushendarwito dalam sambutannya mengatakan bahwa adanya kampung KB tersebut dicanangkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.“Kampung KB ini dicanangkan langsung oleh Bapak presiden joko widodo karena program KB termasuk dalam program nawacita,”ujarnya.




Untuk itu, dia berharap kepada masyarakat Pacitan untuk memanfaatkan keberadaan kampung KB tersebut untuk pengurusan administrasi kependudukan. “Apabila ada warga yang belum mempunyai akte kelahiran di gratiskan untuk pengurusan akte kelahiran,”tukasnya.

Turut hadir dalam pencanangan kampung KB yang dihadiri 900 warga tersebut, Kushendarwito kepala BKKBN Jatim, Bupati Pacitan Indartato bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luky Tribaskorowati Indartato. Selain itu turut hadir juga Sekretaris Daerah Pacitan Suko Wiyono bersama Betty Suko Wiyono, Trihariadi Hendra Purwaka Kepala Badan Keluarga Berencana dan Perberdayaan Perempuan Kabupaten Pacitan.

Sebagai informasi, Pemkab Pacitan menargetkan mampu membangun Kampung KB pada 2017 di masing-masing kecamatan, sebagai upaya menekan angka pertumbuhan penduduk.

Trihariadi Hendra Purwaka mengatakan bahwa pembangunan Kampung KB ini akan tersebar pada setiap kecamatan.“Masing-masing Kecamatan membentuk satu Kampung KB yang bertujuan melakukan berbagai langkah penguatan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga yang benar-benar memiliki daya ungkit terhadap upaya pencapaian target, serta penguatan kegiatan-kegiatan prioritas secara komprehensif dan berkelanjutan diseluruh tingkatan wilayah,”katanya.

Kontributor: Sarwono
Editor: Dwi Purnawan