Presiden Minta Gesekan Antar Kelompok Dihentikan

oleh -0 Dilihat
HINDARI GESEKAN. Presiden Jokowi menggelar pertemuan dengan tokoh lintas Agama, Selasa kemarin.
HINDARI GESEKAN. Presiden Jokowi menggelar pertemuan dengan tokoh lintas Agama, Selasa kemarin.

Pacitanku.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar gesekan antar kelompok yang memanas dalam beberapa bulan ini dihentikan.

“Jika dalam beberapa waktu terakhir ada gesekan, mulai saat ini saya minta hal-hal tersebut segera dihentikan,” ujar Jokowi usai bertemu dengan tokoh lintas agama di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (16/5) siang.

Jokowi bahkan meminta agar panglima TNI dan Kapolri terjun langsung menindah pihak-pihak yang masih bertikai dan mengancam kebhinakaan, pancasila, UUD 1945 dan juga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jangan saling menghujat karena kita bersaudara, jangan saling jelekkan karena kita bersaudara, jangan saling fitnah karena kita bersaudara, jangan saling menolak karena kita bersaudara, jangan saling mendemo, habis energi kita untuk hal-hal seperti itu, karena kita bersaudara,” tegas Jokowi.




Jokowi dan para tokoh lintas agama tidak ingin ada perpecahan bangsa yang berdasarkan agama. Dia berharap semua pihak sama-sama menjaga persatuan. “Kita adalah saudara sebangsa dan setanah air,” demikian Jokowi.

Tak hanya tokoh lintas agama, Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Tito Karnavian juga hadir untuk membicarakan dinamika kebangsaan yang menjadi perhatian semua pihak akhir-akhir ini.

“Saya senang mendengar komitmen semua tokoh agama dan umatnya untuk terus menjaga, terus mempertahankan dan terus memperkokoh  Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,”kata Presiden Jokowi usai pertemuan silaturahmi kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (16/5) siang.

Presiden Jokowi juga menyampaikan rasa senang dan terimah kasihnya atas komitmen semua umat beragama untuk terus menjaga persatuan, persaudaraan, perdamaian dan toleransi antar umat, antar kelompok dan antar golongan.”Saya juga senang dan berterima kasih atas komitmen semua pihak untuk membangun demokrasi yang sehat dan mendukung penegakan hukum,”tambah Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi lebih lanjut menekankan soal kebebasan berpendapat, berserikat dan berkumpul yang dijamin oleh konstitusi. Namun Presiden Jokowi menambahkan yang juga perlu diketahui bahwa kebebasan tersebut harus sesuai dengan koridor hukum, Pancasila dan UUD 1945 serta harus berada dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk mendukung hal teresebut, presiden Jokowi meminta agar panglima TNI dan Kapolri untuk turun tangan mengatasi “Saya juga telah perintahkan kepada Kapolri, kepada panglima TNI untuk tidak ragu-ragu menindak tegas segala bentuk ucapan dan tindakan yang menganggu persatuan dan persaudaraan, yang menganggu NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, yang tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945,”tegas presiden Jokowi.

Untuk diketahui, presiden Jokowi bertemu dengan tokoh-tokoh lintas Agama. Mereka yang hadir adalah tokoh dari Majelis Ulama Indonesia, Nahdatul Ulama (NU), Muhamadiyah, Konferensi Wali Gereja Indonesia, Persekutuan Gereja Indonesia, Perwakilan Umat Budha Indonesia, Parisada Hindu Dharma Indonesia dan Majelis Tinggi Agama Agama Konghucu Indonesia. Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Tito Karnavian juga hadir untuk membicarakan dinamika kebangsaan.