Bupati Pacitan Sebut Kerja Keras Warga Desa Wareng Berbuah Hasil Manis

oleh -102.036 views
Indartato saat menghadiri penilaian lapang lomba desa. (Foto: Humas)
Indartato saat menghadiri penilaian lapang lomba desa. (Foto: Humas)

Pacitanku.com, PUNUNG – Bupati Pacitan Drs H Indartato MM menyebut buah dari kerja keras warga Desa Wareng, Kecamatan Punung pada akhirnya berbuah prestasi manis.

Sebagaimana diketahui, setelah menjadi Juara Terbaik I Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur, Desa Wareng kembali menjalani penilaian perlombaan desa tingkat Provinsi Jawa Timur.

Sebelum mewakili Pacitan di tingkat Provinsi, Desa Wareng menyandang sebagai juara lomba desa tingkat kabupaten Pacitan tahun 2017. Berdasarkan hasil penilaian tim, desa yang terkenal dengan obyek wisata Goa Tabuhan ini mendapatkan skor 919,75.




Di tingkat Kabupaten Desa Wareng unggul tipis dari peringkat kedua yang diduduki oleh Desa Tahunan, Kecamatan Tegalombo dengan skor 917,5. Desa Wareng pun mengungguli 11 peserta lomba desa tingkat kabupaten tahun 2017.

“Upaya warga untuk menjadi yang terbaik sungguh luar biasa. Bekerja untuk desanya seakan tak kenal waktu,” kata Bupati Indartato saat memberikan sambutan pada penilaian lapang, Rabu (10/5/2017) lalu.

Indartato mengatakan bahwa proses yang panjang dan melelahkan tidak lantas membuat warga merasa jenuh dan tetap berusaha sebaik mungkin. Agar desanya menjadi juara lagi diajang yang berbeda. “Perlombaan ini bukan tujuan. Namun sarana untuk mencapai kesejahteraan,” tandasnya.

Sementara, ketua tim penilai Heru Suseno menjelaskan masyarakat Desa Wareng telah mampu melewati proses penilaian administrasi. Bagi desa dan kelurahan yang keluar sebagai juara I hingga juara IV tingkat provinsi akan undang untuk mengikuti pidato kenegaraan di gedung DPRD Provinsi Jawa Timur.

“Juga akan menerima piala dan piagam yang akan diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Graha tanggal 17 Agustus nanti, dalam rangkaian acara peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan republik indonesia,” katanya lagi.

Dalam penilaian tersebut, tim melaksanakan penilaian lapang, dan akan bertemu secara langsung dengan masyarakat sesuai yang telah ditetapkan. Pelaksanaan penilaian perlombaan desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017 adalah penilaian administrasi ( 25-26 april), dan diikuti dengan penilaian lapang yang dilaksanakan dalam dua tahap.

Adapun, pelaksanaan perlombaan desa kelurahan tingkat provinsi dilakukan secara terarah, terukur, terpadu dan berkelanjutan. Hal itu merupakan penjabaran secara teknis dari peraturan dalam negeri nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa Dan Kelurahan yang dituangkan dalam pedoman perlombaan desa kelurahan Provinsi Jawa Timur tahun 2017.

Selain menjadi juara lomba desa kabupaten, Desa Wareng juga keluar sebagai Juara Terbaik I Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017. (Humas/RAPP002)