Rusak Parah Menahun, Jalan Tegalombo-Bandar di Kledung tak Kunjung Diperbaiki

oleh -671 views
Jalan rusak di Desa Kledung. (Foto: Muhammad Budi)
Jalan rusak di Desa Kledung. (Foto: Muhammad Budi)

Pacitanku.com, BANDAR – Jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Bandar dan Tegalombo di Desa Kledung, Kecamatan Bandar mengalami kerusakan cukup parah.  Total jalan kabupaten yang mengalami kerusakan parah itu panjangnya mencapai sekitar lima kilometer. Ironisnya, kondisi tersebut sudah dirasakan warga desa setempat sejak lama. 

Adapun, usulan perbaikan jalan yang disampaikan pihak pemerintah desa kerap menemui jalan buntu alias tidak terealisasi. Nyatanya, hingga kini jalan penghubung dua kecamatan tersebut tetap saja rusak. ‘’Sudah berulang kali mengusulkan, tetapi belum ada realisasi,’’ kata Kepala Desa Kledung, Sigit Susilo Hadi, baru-baru ini.




Kerusakan jalur tersebut berdampak pada laju ekonomi warga. Ini lantaran sejumlah truk pengangkut hasil pertanian kerap melintasi jalur tersebut.  Selain itu, warga yang hendak ke Kecamatan Bandar tentu memilih melewati jalan itu. Maklum, jarak tempuhnya 10 kilometer lebih dekat dibanding jalur Arjosari – Bandar. Kondisi ini jelas menyebabkan peningkatan volume kendaraan yang melintas.

Selain itu, pengguna jalan mulai dari remaja hingga orang tua harus ekstra hati-hati saat melintas di jalan tersebut. Jika tidak, bisa dipastikan bakal mengalami celaka. ‘’Jalanan naik turun dan berliku karena kondisi geografis kami berbukit. Ketika sudah turun hujan, lubang-lubang dan gelombang di jalanan itu membahayakan,’’katanya lagi.

Menanggapi kondisi seburuk itu di jalanan kabupaten, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPUPR, Parlan, mengatakan perbaikan jalan Bandar-Tegalombo sudah dijadwalkan untuk dikerjakan tahun ini.

Namun tidak seluruh titik kerusakan di Kledung akan diperbaiki. Akan ada skala prioritas pada titik-titik terparah. Anggaran senilai Rp 500 juta dipersiapkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). ‘’Selain perbaikan kerusakan jalan, anggaran itu juga untuk pemasangan talut di sekitar lokasi jalan yang diterjang longsor Kamis (4/5) lalu,’’ katanya.

Sumber/Foto: Jawa Pos