Guru dan Murid Binaan YPA-MDR Pacitan Siap Terapkan Matematika Metode Gasing

oleh -131.645 views
Ketua Pengurus Arietta Adrianti (tengah kiri) didampingi oleh Prof. Yohanes Surya (tengah kanan) bersama pengurus YPA-MDR serta 18 Guru dan 18 Siswa binaan YPA-MDR yang merupakan peserta Program Gasing dan telah resmi lulus dalam Acara Penutupan Program “Pelatihan Matematika Metode Gasing” Batch 1, di Hotel Amaris Tangerang City (5/5)
Ketua Pengurus Arietta Adrianti (tengah kiri) didampingi oleh Prof. Yohanes Surya (tengah kanan) bersama pengurus YPA-MDR serta 18 Guru dan 18 Siswa binaan YPA-MDR yang merupakan peserta Program Gasing dan telah resmi lulus dalam Acara Penutupan Program “Pelatihan Matematika Metode Gasing” Batch 1, di Hotel Amaris Tangerang City (5/5)

Pacitanku.com, TANGERANG – Setelah dua bulan menimba ilmu Matematika melalui “Pelatihan Matematika Metode Gasing”  (Gampang, Asik, dan Menyenangkan) Batch 1, Guru dan Murid binaan Yayasan Pendidikan Astra – Michael D.Ruslim (YPA-MDR) Tingkat SD telah resmi lulus dari pelatihan yang diselenggarakan oleh Astra melalui YPA-MDR, bekerjasama dengan Prof. Yohanes Surya pada bulan Maret dan April 2017.

Kabupaten Pacitan mengirimkan dua orang siswi keterwakilan siswa yang rata rata dan dua guru mengikuti program pelatihan yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA-MDR). Pelatihan berlangsung dua bulan di Jakarta.

Dua murid tersebut masing-masing Aprilia Indah Ayu Saputri asal SDN Widoro II dan Defina Hidayatul Ilmi, siswi Sendang III Kecamatan Donorojo. Sedangkan kedua guru yang ikut menyertai adalah Wiwin Widiawati dan Evi Nurmitayani.




Acara Penutupan Pelatihan Matematika Metode Gasing Batch 1 diselenggarakan di Hotel Amaris Tangerang City, pada tanggal 5 Mei 2017. Acara ini dihadiri oleh Pengurus YPA-MDR, 18 Peserta Guru SD dan 18 Siswa SD Binaan tersebut diawali dengan Laporan Pelaksanaan Pelatihan dan Pembinaan Gasing oleh Aguslina Angkasa, Ketua Pelaksana Matematika Metode Gasing Batch 1.

Pelatihan Matematika Metode Gasing Batch 1 ini merupakan salah satu strategi YPA-MDR untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, terutama di daerah pra sejahtera. Dalam program ini, masing-masing guru membawa satu murid yang memiliki kelemahan dalam bidang studi matematika dari sekolah tempatnya mengajar sebagai pendamping guru untuk melakukan pelatihan di Program  Gasing.

“Awalnya kami ragu dengan diri kami sendiri, apakah kami akan bisa menguasai Matematika hanya dengan waktu 2 bulan saja. Namun sebagai peserta yang sudah diberikan kesempatan yang luar biasa oleh Astra, kami sangat menekuni Pelatihan Matematika Metode Gasing ini. Hasil yang kami dapatkan betul-betul luar biasa, tidak ada lagi kata susah dalam Matematika, sesuai dengan nama Gasing sendiri, Matematika itu ternyata Gampang, Asyik dan Menyenangkan,” ujar Rohmawati, perwakilan Peserta Gasing yang merupakan Guru SDN Tengklik, Kec. Gedangsari, Kab. Gunungkidul.

Selanjutnya, Pelatihan Matematika Metode Gasing Batch 1 secara resmi ditutup dengan prosesi serah terima perwakilan guru dan siswa peserta secara simbolis dari Prof. Yohanes Surya kepada Ketua Pengurus YPA-MDR, Arietta Adrianti. Harapannya program ini dapat mendongkrak prestasi guru dan siswa, terutama dalam bidang ilmu pasti yakni matematika untuk tingkat Sekolah Dasar sehingga mereka mampu berinovasi dan bersaing di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan di tingkat Nasional.

“Peserta Gasing Batch 1 ini terdiri dari 18 Guru SD Binaan YPA-MDR di Bogor, Gunungkidul, Bantul, Lampung Selatan, Pacitan, dan Kab. Kupang, yang akan menjadi Agen Perubahan di daerah asalnya dan selanjutnya guru dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah diperoleh selama 2 bulan untuk meningkatkan kualitas murid,” tutur Arietta Adrianti, Ketua Pengurus YPA-MDR, dalam sambutannya.

Para peserta pun unjuk kebolehan hasil dari Pelatihan Matematika Metode Gasing Batch 1 ini. Guru dan siswa dengan mudah dan cepat menjawab soal matematika yang terlihat sulit, bahkan tanpa menghitung dengan jari atau mengerjakannya di kertas.

“Hasil yang didapatkan oleh Guru dari pelatihan ini diharapkan mereka mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh tersebut di sekolahnya maupun di sekolah-sekolah lain di daerah binaan Astra. Ini adalah kewajiban dari guru-guru utusan setelah selesai pelatihan yakni untuk melakukan pengimbasan Metode Matematika Gasing,” ujar Kristanto, Sekretaris Pengurus YPA-MDR, saat prosesi pelepasan Peserta Gasing.

Terkait program pengimbasan di sekolah dan wilayah binaan YPA-MDR, para Guru akan menjadi Master Trainer di wilayahnya dan untuk itu pihak Dinas Pendidikan bekerjasama dengan YPA-MDR menerapkan program pengimbasan ke sekolah-sekolah non binaan Astra.

Dengan demikian, Program Gasing yang telah diselenggarakan oleh YPA-MDR diharapkan dapat menciptakan Sekolah Unggul sekaligus membentuk generasi unggul di sekolah-sekolah di masing-masing daerah sehingga cita-cita Astra yakni “Sejahtera bersama Bangsa” bisa terwujud.