Pemkab Pacitan Gelar Jalan Santai Peringati Hari Buruh Internasional

oleh -101.433 views
Foto Ilustrasi: peringatan Mayday di Pacitan tahun 2016 lalu.
Foto Ilustrasi: peringatan Mayday di Pacitan tahun 2016 lalu.

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar gerak jalan santai dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau “May Day” yang jatuh setiap tanggal 1 Mei, Senin (1/5/2017) kemarin. Kegiatan yang dipusatkan di alun-alun Pacitan tersebut dilepas langsung oleh Bupati Pacitan Indartato.

Jalan santai ini diikuti sekitar 1.000 buruh dan pekerja yang berasal dari perwakilan ratusan perusahan dan tempat usaha yang ada di Pacitan, baik usaha skala besar, menengah, maupun kecil.

Dalam sambutannya, Bupati Indartato mengatakan bahwa Hari Buruh Internasional di Pacitan sengaja diperingati dengan menggelar gerak jalan santai untuk mewujudkan suasana yang damai dan tidak mengganggu kamtibmas. “Kita apresiasi upaya rekan-rekan pekerja untuk meningkatkan kesejahteraan dengan cara damai,” katanya sesaat sebelum memberangkatkan para pekerja.

Selain sebagai wujud aksi damai dalam memperingati hari buruh, jalan santai tersebut juga sebagai bentuk menghindari kegiatan unjuk rasa yang selama ini selalu dilakukan buruh.




“Pada hakekatnya hari buruh internasional ini adalah untuk merayakan dan mengenang perjuangan para buruh yang terkait dengan jam kerja yang lebih manusiawi dan juga hak buruh lainnya yang berkembang kemudian. seperti misalnya hal yang terkait dengan keselamatan kerja,”katanya lagi.

Ia meminta Hari Buruh hendaknya dijadikan sebagai momentum para buruh dengan perusahaan tempatnya bekerja menjalin komunikasi yang lebih baik.

Indartato juga berharap para pekerja atau buruh di Pacitan ikut terlibat mewujudkan kondisi Pacitan yang kondusif tanpa diwarnai dengan unjuk rasa.”Sekali lagi saya mengucapkan selamat Hari Buruh atau May Day kepada seluruh buruh, terlebih kepada buruh Kabupaten Pacitan dan yang hadir dalam kegiatan kali ini,” kata dia.

Usai diberangkatkan ribuan karyawan peserta jalan sehat dari berbagai perusahaan dan masyarakat menyusuri rute yang telah ditentukan.

Adapun rute yang digunakan adalah dari alun-alun menuju Jalan Veteran ke arah barat. Sampai di Gerdon Kelurahan Pucangsewu, peserta berjalan ke arah selatan tembus Jalan Ahmad Yani dan selanjutnya kembali ke lokasi pemberangkatan.

Selain Bupati, sejumlah unsur forum komunikasi pimpinan daerah juga ikut serta berbaur dengan peserta.  Sesuai data, kegiatan tersebut selain dibiayai oleh APBD, juga merupakan sumbangan dari sejumlah perusahaan yang ada di Pacitan. Kegiatan berlangsung meriah dan lancar. Ratusan hadiah dengan nilai jutaan rupiah dibagikan dalam kegiatan tersebut.