Cita-cita Warga Sendang Donorojo Ciptakan Kampung Klengkeng

oleh -132.432 views
Seribu Klengkeng Warga Sendang
Seribu Klengkeng Warga Sendan

Pacitanku.com, DONOROJO – Selain sektor pariwisata yang semakin meningkat, pemerintah desa Sendang, Kecamatan Donorojo juga mulai membidik sektor pemberdayaan masyarakat berbasis perkebunan. Terbaru, Pemerintah Desa (Pemdes) Sendang membagikan 1000 bibit buah Klengkeng kepada masyarakat Desa Sendang.

“Pemerintah Desa  Sendang telah membagikan 1.000 bibit kelengkeng kepada masyarakat Desa Sendang, setiap KK mendapatkan 1 bibit klengkeng agar ditanam dihalaman rumah,”kata Anik Suprapti, Pejabat Kepala Desa Sendang, Selasa (28/3/2017).

Menurut Anik, program 1000 bibit buah Klengkeng tersebut adalah merupakan kilas balik program posdaya.




“Tahun 2016 yang lalu posdaya Desa Sendang telah mengikuti pelatihan singkat budidaya klengkeng di Kebun Klengekeng Isto di Prambanan, Klaten, Jateng yang dipelopori oleh Prof. Haryono Suyono,”ujarnya.

Anik berharap penanaman bibit Kelengkeng tersebut bisa berbuah dan menjadi penghasilan tambahan keluarga, apalagi Desa Sendang mempunyai destinasi wisata yang sangat populer yakni Pantai Klayar dan Pantai Ngiroboyo,

“Beberapa tahun kemudian Desa Sendang juga bisa menjadi desa penghasil buah klengkeng tentunya, tidak menutup kemungkinan menjadi destinasi wisata baru kampung klengkeng,”katanya lagi.

Pewarta: Wildan Nur Swi Harmoko
Editor: Dwi Purnawan