Sebanyak 150 Perempuan di Pacitan Ikuti Program KB MOW

oleh -131.371 views
Indartato bersama istri di sela kegiatan MOW di RSUD dr Harsono Pacitan. (Foto: IG Indartato)
Indartato bersama istri di sela kegiatan MOW di RSUD dr Harsono Pacitan. (Foto: IG Indartato)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 150 perempuan di Kabupaten Pacitan mengikuti program KB Metode Operasi Wanita (MOW) di RSUD dr. Darsono pada Minggu (26/3/2017) kemarin.

Dalam kegiatan yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Pacitan bekerja sama dengan RSUD dr. Harsono, Dinas Kesehatan dan Kodim 0801 Pacitan ini juga mendapatkan perhatian dari Bupati Indartato dan istri yang menyempatkan diri datang dan berbincang dengan para peserta. “Program KB dari pemerintah kan tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat juga,” kata Indartato di sela pelaksanaan program MOW.

Sebagai informasi, pelaksanaan operasi merupakan kegiatan bakti sosial Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sehingga peserta tidak dipungut biaya.


Selain perempuan, sebanyak 15 orang laki-laki juga terdaftar sebagai peserta KB Metode Operasi Pria (MOP). Adapun, jika mengikuti program itu peserta harus memenuhi syarat, diantaranya usia diatas 30 tahun, anak minimal 2 orang, dan telah berusia diatas lima tahun.

Sekedar informasi, MOW merupakan salah satu cara kontrasepsi diikuti dengan tindakan pembedahan pada saluran telur wanita. Tubektomi merupakan tindakan medis berupa penutupan tuba uterine dengan penutupan tuba uterine dengan maksud tertentu untuk tidak mendapatkan keturunan dalam jangka panjang sampai seumur hidup.

Tubektomi ialah tindakan yang dilakukan pada kedua tuba falloppi wanita yang mengakibatkan seseorang tidak dapat hamil atau tidak menyebabkan kehamilan lagi. Sterilisasi adalah metode kontrasepsi permanen yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang memang tidak ingin atau boleh memiliki anak (karena alasan kesehatan). (humas/RAPP002)