Hasil dan Klasemen KU-16 PSSI Pacitan Pekan ke-5

oleh -131.190 views
Laga KU-16 PSSI Pacitan. (Foto: Wira)
Laga KU-16 PSSI Pacitan. (Foto: Wira)

Pacitanku.com, PACITAN – Memasuki pekan kelima Kompetisi U-16 PSSI Kabupaten Pacitan, tampaknya semakin jelas siapa saja yang bakal melaju ke babak delapan besar. Jika di grup B empat tim yang maju ke perempat final sudah dipastikan, maka sebaliknya di grup A. Memang dua tiket sudah dikunci oleh Citra Arjosari dan Pogres. Tetapi dua tiket tersisa masih  diperebutkan oleh empat tim lainnya, bahkan Eagle yang baru meraih poin satu pun secara teori masih punya peluang lolos.

Tiga kali kalah dari tiga penampilannya membuat Eagle, tim yang bermarkas di lapangan Peta Kodim ini menanggung beban untuk memperoleh hasil maksimal pada pertandingan ke empatnya pada hari jumat 3 Maret 2017 di jam pertama.

Melawan PSM Sawunggaling yang juga berharap memperoleh poin maksimal, laga ini seolah menjadi ajang berebut poin bagi kedua kesebelasan. Tetapi hasil buruk di laga-laga awal tampaknya masih menghantui eagle-tim yang rajin menyumbang pemain untuk Perspa di ajang Piala Soeratin-sehingga pada pertandingan melawan PSM pun permainan mereka belum bisa lepas.

Sampai wasit meniup peluit akhir tidak ada gol yang tercipta pada pertandingan ini, dan kedua tim berbagi satu angka. Dengan hasil ini Eagle berhasil  memperoleh poin pertamanya, sedangkan PSM memperoleh poin empat. Dan skor 0-0 ini merupakan skor imbang pertama yang tercipta di kompetisi U-16 ini. Secara teori peluang Eagle masuk ke delapan besar meski tipis masih ada dengan catatan harus menang pada laga terakhirnya melawan Gempur. Dan itupun masih tergantung pada hasil pertandingan terakhir PSM. Sementara Loreng Pudara juga harus menunggu sampai pertandingan terakhir kompetitornya untuk memastikan lolos ke babak berikutnya.

Grup A: Citra Arjosari Mantapkan Posisi

Pertandingan big match penuh gengsi terjadi pada hari jumat 3 Maret 2017 jam kedua ketika kedua tim yang sudah memastikan lolos yaitu Citra Arjosari dan Pogres saling berhadapan. Dengan para pemain andalan di masing-masing tim laga seru diharapkan akan tersaji. Selain itu kedua tim juga dipoles oleh pelatih pemegang lisensi PSSI, Pratama Rohman di tim Citra dan Aris Wahyudi sebagai pelatih Pogres.

Pertadingan ini juga layaknya sebagai eksperimen bagi kedua pelatih untuk pemanasan menuju babak berikutnya ketika Citra turun dengan kekuatan penuh, sementara Pogres menyimpan pemain andalannya di awal laga. Bisa ditebak di awal laga tim Citra lebih dominan sehingga di pertengahan babak pertama Pogres memasukkan Satria untuk memperkuat lini tengahnya. Skor imbang 0-0 di babak pertama, tetapi dominasi Citra di babak pertama tampaknya berlanjut dan membuat Pogres sulit keluar dari tekanan, dan akhirnya bomber Citra M Nur Asif membuka gol di menit 8 babak kedua, ditambah dengan gol dari Khilmi dan Rizky membuat skor akhir 3-0 untuk kemenangan Citra. Hasil ini membuat Citra mempertahankan posisi di peringkat pertama grup A. Selain itu M Nur Asif juga mempertahankan posisi teratas pencetak gol terbanyak dengan raihan 7 gol.




Sementara itu tim dari ujung timur Loreng Pudara memperbesar peluangnya untuk lolos ke babak perempat final ketika pada laga kedua hari minggu 5 Maret 2017 unggul tipis atas Gempur 1-0. Lagi-lagi Reza Bagus mencetak gol tunggal kemenangan Loreng Pudara. Prestasi mengesankan karena setiap tampil selalu mencetak gol, dan seluruh gol Loreng Pudara pun dicetak oleh Reza.

Grup B: Gerotan Semakin Mengesankan

Bertanding di laga pertama hari Sabtu 4 Maret 2017 juara bertahan Gerotan memperoleh hasil positif ketika menang telak atas AC Puma dengan keunggulan lima gol tanpa balas. Meski secara hitungan poin Gerotan sudah aman tapi tidak membuat mereka mengendorkan semangat untuk menang. Babak pertama Gerotan sudah unggul dua gol dari kapten Andika Pamungkas di menit 13 dan pemain mungil nan cepat Tirto Cahyono menit 17. Di babak kedua kembali Andika mencetak gol pada menit k 16, ditambah dua gol dari Wibowo (6”, 24”) melengkapi kemenangan lima gol mereka.

Pada laga jam kedua berhadapan Pratama melawan Tidar Jaya. Meskipun Tidar Jaya menang dengan skor 2-0 dari Bagas Faqih di menit 11 babak pertama dan Sindu Bisma (4”), tetapi kerugian besar diterima mereka ketika sang kapten Septian Aridhanto memperoleh kartu merah sehingga harus absen pada pertandingan-pertandingan penting berikutnya. Satu lagi kartu merah diterima oleh pemain Pratama yaitu kapten Ricci Cahya.

Satu lagi pertandingan di grup B pada hari minggu jam pertama ketika Kuda Laut mengalahkan Rujak Beling dengan skor 2-1. Gol cepat Anung Pambudi menit 4 babak pertama ditambah torehan Wilyan menit 4 babak kedua hanya bisa ditipiskan oleh kapten Rujak Beling, Rauf di menit 13 babak kedua. Dengan hasil ini Kuda Laut berhasil mengamankan satu tiket terakhir menuju babak delapan besar. (stp/RAPP002)

Hasil dan Klasemen KU-16 PSSI Pacitan

 

KLASEMEN SEMENTARA GRUP A

(Minggu 5)

 

Rank

 

Nama Tim

 

M

 

Mn

 

Sr

 

Kl

 

Mm

 

Km

 

Sg

 

Poin

1 (1) CITRA44001611512
2 (2) POGRES43018539
3 (5) LORENG PUDARA420249-56
4 (3) PSM411235-24
5 (4) GEMPUR4103310-73
6 (6) EAGLE401315-41
 
HASIL PERTANDINGAN
Jumat, (3/3): Eagle vs PSM (0 – 0)

                        Citra vs Pogres (3 – 0)

Minggu, (5/3): Loreng Pudara vs Gempur (1 – 0)

 

 
DAFTAR PENCETAK GOL
7 golM. Nur Asif (Citra)
4 golReza Bagus (Loreng Pudara)
3 golReva Aditya (Pogres); M. Ilham Maulana, Rizky Nizar (Citra); Ilham (Pogres),
2 golAndi (Gempur)
1 golAndika, Apria, Dimas (PSM); Riko (Gempur); Yoga, Firza Alvin (Pogres); Andika Fajar (Eagle), Yusuf Wibisono, Khilmi (Citra)
o.g.Doni (Loreng Pudara)
JADWAL PERTANDINGAN
·         Sabtu, (11/3):    Gempur vs Eagle (I)

·         Minggu, (12/3): Pogres vs Loreng Pudara (I)

PSM vs Citra  (II)