Indartato Harapkan Warga Pacitan Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Tanam Cabai

oleh -131.774 views
Indartato dan istri saat memanen dalam gerakan tanam cabai, Jumat (24/2/2017). (Foto: Instagram Indartato)
Indartato dan istri saat memanen dalam gerakan tanam cabai, Jumat (24/2/2017). (Foto: Instagram Indartato)

Pacitanku.com, PACITAN – Harga komoditas kebutuhan pokok, seperti cabai yang masih melambung tinggi harus disiasati dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam cabai. Ajakan dan imbauan menanam cabai di pekarangan rumah itu disampaikan oleh Bupati Pacitan Indartato.

Hal ini sekaligus sebagai upaya untuk menyukseskan gerakan tanam cabai yang dicanangkan Pemkab Pacitan. Program gerakan menanam cabai ini digalakkan Pemkab Pacitan guna meningkatkan produksi dan ketersedian cabai di pacitan yang saat ini melambung tinggi.

Melalui akun instagramnya, Indartato mengajak seluruh masyarakat Pacitan untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah ditanami tanaman yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

“Ayo dulur Pacitan, manfaatkan lahan dan pekarangan kita untuk ditanami tanaman yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Setidaknya untuk mencukupi kebutuhan sendiri, syukur jika bisa untuk menambah penghasilan,”jelasnya saat menggelar Gerakan menanam cabe di Desa Nanggungan, Kecamatan Pacitan pada Jumat (24/02/2017)




Ajakan untuk menanam kebutuhan pokok, terutama cabai ini disambut positif sejumlah kalangan. Kegiatan gerakan menanam cabai tersebut juga dihadiri jajaran pimpinan Kabupaten dan pimpinan Kecamatan Pacitan.

“Seperti diketahui bahwa harga cabai saat ini tinggi di pasaran. Untuk mengatasi gejolak harga cabai ini, pemerintah mendorong masyarakat dan petani menanam cabai minimal untuk konsumsi sendiri,” kata Kapolsek Pacitan, Ajun Komisaris Polisi Wahyudi yang ikut serta dalam penanaman cabai itu.

Dalam kegiatan tanam cabai itu, Indartato dan sejumlah undangan menanam sekaligus memanen cabai yang sudah ada di Desa Nanggungan.

Sebelum gerakan ini dicanangkan Bupati, salah satu anggota Forum Pacitan Sehat, Anang Sukanto juga telah mampu memanfaatkan lahan sempit di pekarangan rumahnya untuk menanam cabai dengan sistem polybag.

Sebagaimana diketahui, harga cabai rawit di Kabupaten Pacitan  mengalami kenaikan, dari sebelumnya hanya sekitar Rp60.000/kilogram kini tembus di kisaran Rp100.000/kilogram. Sementara, harga cabai keriting Rp. 50.000/kilogram dan cabai kering dihargai Rp.60.000/kilogram. (RAPP002)