Gayengnya Wayang Kulit di 12 Kecamatan, dari Dalang Cilik Hingga Sinden Hongaria

oleh -Dibaca 3.364 kali
Wayangan di Kecamatan Kebonagung. (Foto: Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Semarak Hari Jadi Pacitan (Hajatan) ke-272 masih terus dirasakan segenap masyarakat Pacitan. Meski agenda puncak telah usai pada Minggu (19/2/2017) lalu, berbagai kegiatan seni budaya masih berlangsung, salah satunya adalah pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang digelar di 12 Kecamatan di Pacitan.

Pagelaran wayang kulit serentak tahap I, yang digelar di tiga kecamatan, yakni Punung, Donorojo dan Pringkuku telah digelar pada Senin (20/2/2017) lalu. Adapun pelaksanaan Kecamatan Donorojo dilaksanakan di Desa Cemeng dgn Lakon “Wahyu Makutharama” dengan dalang KI Dalang Suyoto dari Desa Belah. Sementara di Kecamatan Punung dilaksanakan di Halaman Parkir Goa Tabuhan Desa Wareng dengan Lakon Asmara Bumi dengan dalang Ki Dalang Kardi dari Desa Piton.

Sementara di Kecamatan Pringkuku juga menggelar pagelaran wayang kulit yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan dgn Lakon Gatotkaca Senopati  dengan dalang Ki Dalang Supinardi dari Desa Candi. Di Kecamatan Pringkuku juga menghadirkan sinden Agnes Serfozo (Agi) yang merupakan bintang tamu dari Hongaria.


Agi saat tampil di Pringkuku. (Foto: Info Pacitan)

Sebagai informasi, sinden yang berusia 35 tahun ini sangat cinta terhadap budaya Jawa. Karena selain fasih berbahasa Jawa krama, perempuan asli Hongaria ini juga jago nyinden. Agi, panggilan akrabnya, mengaku sudah sering tampil di penjuru Tanah Air. Ia pun sering menjadi pesinden dalam pentas wayang kulit dengan dalang ternama, Ki Manteb Soedarsono. Sebagai warga asing, kepiawaian Agi dalam hal nyinden tergolong sempurna. Mulai cengkok dan pelafalan bahasa Jawa sangat jelas. Orang yang hanya mendengarkan, tidak akan mengira jika ia adalah warga Hongaria.

Ibu dua putra ini yang tinggal di Karangpandan, Karanganyar ini, sebelumnya menempuh pendidikan Jurusan Perdalangan di ISI. Kecintaan pada kebudayaan Jawa membuat, Agi tidak bosan-bosannya mempelajari setiap budaya Jawa. Mulai dari tosan aji, batik dan kebudayaan Jawa lainnya

Setelah di wilayah barat, pada Selasa (21/2/2017) kemarin juga telah digelar pagelaran wayang kulit tahap kedua di tiga kecamatan, Pacitan, Arjosari dan kebonagung . di Kecamatan wilayah tengah ini, untuk Kecamatan Pacitan dilaksanakan di Pendopo Setro Ketipo Desa Nanggungan dengan Dalang Ki Dalang Sokiran Katipugal dan juga hadir dalang cilik dari Plumbungan.

Sementara di Kecamatan Arjosari pagelaran wayang kulit dilaksanakan di Pendopo Kantor Camat Arjosari Desa Arjosari dengan Ki Dalang Haryanto dari Ponorogo dan lakon Petruk dadi Ratu. Selain itu, Kecamatan Kebonagung juga menggelar pagelaran wayang kulit di halaman Kantor Desa Worawari dengan lakon “Gatotkaca nagih janji” dan dalang Ki Dalang Anom Haryanto dari Desa Wonosidi Tulakan.

Agenda wayangan ini masih akan digelar dua kali lagi yang digelar di tiga kecamatan, Tegalombo, Nawangan, Bandar pada Kamis (23/2/2017) dan tahap IV, yang digelar di tiga kecamatan, Ngadirojo, Tulakan dan Sudimoro pada Jumat (24/2/2017) mendatang. (RAPP002)