Bupati: Peran Masyarakat Sangat Penting Kembangkan Pariwisata di Pacitan

oleh -Dibaca 1.596 kali
Indartato saat dialog bersama radio suara Pacitan, Kamis kemarin. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Indartato saat dialog bersama radio suara Pacitan, Kamis kemarin. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Drs H Indartato, MM menilai peran serta masyarakat di Pacitan sangat penting dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata di Pacitan. Hal itu disampaikan Indartato saat berdialog dengan tema “Refleksi 272 Tahun Kabupaten Pacitan Membangun Ekonomi Melalui Sektor Pariwisata” di studio Radio Suara Pacitan, Kamis (16/2/2017) kemarin.

Menurut Indartato, dalam pengembangkan sektor pariwisata tidak cukup mengandalkan kekayaan sumber daya alam semata. Sumber daya manusia yang mumpuni juga diperlukan untuk menjadikan pariwisata menjadi sektor yang berdaya saing.

Dikatakan Indartato, salah satu yang berperan penting dalam pengembangan kepariwisataan adalah masyarakat sekitar obyek wisata. Dengan peran yang penting itu, imbuhnya, masyarakat harus diedukasi sehingga mampu menjadi tuan rumah yang baik. Harapannya, wisatawan terkesan dan akan berkunjung kembali ke Pacitan.




“Seperti pepatah Jawa kita harus mampu menunjukan gupuh, aruh, lan suguh kepada para tamu dan itu tidak lepas dari peran masyarakat sekitar,”ujarnya dilansir laman Pemkab Pacitan.

Lebih lanjut, Indartato menyebut bahwa peran masyarakat saat ini sudah cukup bagus. Saat menyambut wisatawan, senyum sapanya sangat ramah. “Bagi pedagang  di sekitar lokasi wisata tidak mempermainkan harga semaunya,”katanya lagi.

Senada dengan Bupati, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Endang Surjasri yang juga menjadi nara sumber mengatakan, untuk mengembangkan pariwisata dibutuhkan sinergitas antara semua pihak.

 Satu diantaranya adalah peran masyarakat sekitar. Warga harus sadar akan kebersihan serta ramah terhadap pengunjung.”Kita tidak mungkin meninggalkan peran masyarakat karena membangun pariwisata jangan sampai menghilangkan khazanah budaya dan kearifan lokal,”kata Endang.

Sebagai informasi, Pacitan memiliki berbagai potensi wisata, seperti wisata pantai, wisata goa, wisata sejarah, wisata budaya dan wisata kuliner. Khusus wisata pantai, ada 78 pantai yang terbentang dari ujung barat hingga ujung timur Pacitan. Sementara ada berbagai potensi wisata budaya seperti festival rontek dan seni budaya kethek ogleng dari Nawangan. (RAPP002)