Pakar STKIP PGRI: Manajemen Pariwisata Pacitan Harus Mampu Manjakan Turis

oleh -1.130 views
pengunjung wisatawan di Pacitan.
pengunjung wisatawan di Pacitan.
pengunjung wisatawan di Pacitan.
Pengunjung wisatawan di Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Pakar dan pengamat pariwisata dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pacitan Dr. Mukodi, MS.I menilai bahwa salah satu syarat pengembangan pariwisata di Pacitan adalah manajemen pariwisata.

Hal itu disampaikan Mukodi saat berdialog dengan tema “Refleksi 272 Tahun Kabupaten Pacitan Membangun Ekonomi Melalui Sektor Pariwisata” di studio Radio Suara Pacitan, Kamis (16/2/2017) kemarin.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyaraat (LPPM) STKIP PGRI Pacitan ini, saat ini dirinya melihat perilaku masyarakat untuk pengembangan sektor pariwisata sudah membaik.




“Yang terpenting bagaimana manajemen pariwisata mampu memanjakan turis. Tak terkecuali pemenuhan infrastruktur pendukung, seperti akses ke lokasi wisata yang memadai serta parkir kendaraan yang luas,”ujar Mukodi, dilansir laman Pemkab Pacitan.

Lebih lanjut, Mukodi menyebutkan bahwa dalam proses pengembangan pariwisata, kunci lain yang bisa diterapkan adalah inovasi pariwisata. “Harus ada inovasi, semisal pengembangkan terpadu pariwisata.  Dari lokasi wisata satu ke wisata yang lain dapat sambung, sehingga pendatang akan merasa nyaman,”katanya lagi. 

Pacitan sendiri adalah daerah yang memiliki banyak potensi wisata, seperti wisata pantai, wisata goa, wisata sejarah, wisata budaya dan wisata kuliner. Khusus wisata pantai, ada 78 pantai yang terbentang dari ujung barat hingga ujung timur Pacitan. Sementara ada berbagai potensi wisata budaya seperti festival rontek dan seni budaya kethek ogleng dari Nawangan. (RAPP002)